Dikbud Seluma Pastikan Tak Ada Pungutan Liar PPDB

PPDB Seluma

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, Farzian, Jumat, 14 Juni 2024, Foto: Dok

Interaktif News - Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Seluma memastikan bahwa tidak bakal ada kegiatan pungutan liar atau pungli saat dibukanya Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 pada 24-28 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, Farzian mengatakan, menjelang dibukanya pendaftaran pihaknya sudah melakukan imbauan khusus terkait PPDB.  Seluruh satuan pendidikan dilarang keras melakukan kegiatan yang mengarah ke tindakan pungli.

"Pastinya saat ini kita sudah mengimbau kepada semua satuan pendidikan baik itu pun pada tingkat PAUD, SD dan SMP agar menghindari tindakan pungutan liar atau Pungli. Tolong hindari apa pun itu yang berkaitan dengan pungutan," kata Kepala Dikbud Seluma, Farzian, Jumat, (14/6/2024).

Lebih lanjut Farzian mengatakan, tindakan berbau pungutan liar sangat berbahaya bagi dunia pendidikan dan anak didik. Dikbud tidak hanya memberikan imbauan tapi akan memperketat pengawasan saat PPDB berlangsung.

"Kita juga melakukan pengawasan dan kita perketat lagi karena jika terjadinya tindakan pungutan liar maka bisa tercoreng dunia pendidikan. Pungutan juga sangatlah merugikan peserta didik yang baru ingin menempuh pendidikan pada tahun ajaran baru ini nantinya," ujar Farzian.

Dimulainya tahun ajaran baru ini, kata Farzian, secara sistem dan teknisnya masih dilakukan pembahasan yang selanjutnya akan diterbitkan surat edaran setelah itu pihaknya berkordinasi terlebih dahulu kepada Bupati Seluma Erwin Octavian. 

"Secara sistematis bagaimana pelaksanaan PPDB ini sudah kita lakukan pembahasan secara internal namun selanjutnya masih kita sampaikan dulu kepada Bupati Seluma, sebelum diterbitkan surat edaran dibukanya PPDB tahun ajaran baru ini," kata dia.

Repoter: Deni Aliansyah Putra