Update Covid-19 Bengkulu: 4 Orang Dinyatakan Positif, 2 Orang Warga Kaur

Covid-19

Gugus Tugas Covid-19 bengkulu saat memberikan keterangan pers, Rabu, 29 April 2020, Poto:Dok

Interaktif News -  Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu, Kamis (29/4/2020) kembali bertambah. Kali ini, empat orang kembali dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah hasil SWAB yang dikirim pada 26 April ke Laboratorium BBLK Palembang keluar.

"Ada 26 orang orang spesimen hasil uji SWAB yang kita terima tadi malam, dari 26 orang itu, 4 orang dinyatakan positif berdasarkan hasil uji lab BBLK di Palembang," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu.

Kata Herwan, kasus pasien (09) terkonfirmasi positif yang  yakni perempuan (44) Tahun asal Bengkulu Selatan. Tidak ada gejala klinis pada pasien 09 ini, namun riwayatnya adalah pasien 09 merupakan petugas Posko Covid-19 di PKM Pasar Manna Bengkulu Selatan.

Selanjutnya, tambah Herwan, pasien ke (10) yang juga terkonfirmasi positif Covid-19 yakni perempuan (26) Tahun asal Kabupaten Kaur. Awal Mulanya pasien ini mengeluhkan gejala klinis yakni bersin dan gangguan saluran pernafasan atas. Pasien ini tidak memiliki riwayat perjalanan. Lalu, oleh tim medis dilakukan Rapid Test dan hasilnya Reaktif.

Masih Herwan, berdasarkan hasil Rafid Test yang menunjukkan reaktif ini, petugas kesehatan kemudian mengambil sampel SWAB dan langsung dikrim ke BBLK Palembang pada tanggal 22 April 2020.

"Kita sudah terima hasilnya dari lab BBLK Palembang. Pasien 10 ini positif. Segingga pasien 09 dan 10 ini sekarang masih dalam isolasi mandiri,"Jelas Herwan

Kemudian, pasien (11) terkonfirmasi berikutnya yakni Laki-Laki (46) tahun asal Kabupaten Kaur. Pasien 11 ini awalnya memiliki gejala klinis berupa demam, batuk dan nyeri tenggorokan. Pasien 11 ini tidak memiliki riwayat penyakit lain.

 "Pasien 11 ini memiliki riwayat perjalanan ke Kota Bengkulu. Namun timnya akan segera melakukan penelusuran lebih lanjut pasien ke 11 ini ke Kota Bengkulu kemana saja. Besok kita lakukan penelusuran,"Sebutnya

Terakhir, pasien ke 12 Laki-Laki asal Kota Bengkulu. Pasien ke 12 ini tidak memiliki gejala Klinis dan tidak ada juga penyakit penyerta yang lain.

"Pasien tersebut kita ambil spesimennya ada 24 April, dan tadi malam sudah kita terima hasilnya positif, pasien ini disarankan untuk melakukan isolasi mandiri,"himbau Herwan

Sekedar mengingatkan, keseluruhan pasien terkonfirmasi di Provinsi Bengkulu mencapai 12 Orang. 1 orang meninggal dunia dan 1 orang dinyatakan sembuh

Kontributor: Mahmud Yunus
Editor: Riki Susanto