Tokoh-Tokoh Ini Diprediksi Bakal Maju Pilwakot Bengkulu

Elfahmi Lubis

Elfahmi Lubis, pengamat politik dan pemerintahan UMB, Foto: Dok

Interaktif News – Dedy Wahyudi, Ariyono Gumay, Marliadi, hingga Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Sumardi diprediksi berpeluang untuk ikut bertarung di arena pilwakot Bengkulu mendatang. Walaupun masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota u Periode 2018-2023 masih lama berakhir tapi dinamikanya sudah mulai tercium.

Demikian disampaikan pengamat politik dan pemerintahan dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Elfahmi Lubis. Ia menyebut, keempat tokoh itu diprediksi memiliki peluang untuk bertarung lantaran memiliki kapasitasnya masing-masing. 

“Sebenarnya terlalu prematur kalau sekarang kita berbicara agenda pilwakot, pilkada serentak kemaren saja belum tuntas 100 persen, masih ada tahapan yang belum selesai. Namun, melihat dinamika yang berkembang, saya pikir tokoh-tokoh itu bisa saja maju karena masing-masing punya kapasitas” kata
Elfahmi, Rabu, (06/01/2021) 

Menurut dia, nama-nama itu diprediksi maju karena sudah banyak diperbincangkan di tengah masyarakat bahkan sudah ada yang menunjukan simbol-simbol politik. Hanya saja, rentang waktu pilwakot yang masih lama akan sangat terbuka untuk memunculkan nama-nama baru atau nama lain yang belum menunjukan riak tapi memiliki kapasitas. 

“Kalau mereka mulai mempersiapkan diri untuk pilwakot mendatang itu sah-sah saja karena untuk maju sebagai calon kepala daerah butuh nafas panjang apalagi rentang waktunya masih lama. Belum lagi persoalan jadwal pilkada serentak kedepan, kapan akan digelar? Kalau masa jabatan berakhir 2023 tapi agenda pilkada serentak direncanakan tahun 2024 atau bisa saja mundur lagi, itu belum tuntas” kata dia.

Elfahmi juga memprediksi, arena Pilwakot Bengkulu akan menjadi pusat isu politik di Bengkulu pasca pelaksanaan pilkada serentak 2020. Selain dilaksanakan di ibu kota, Pilwakot Bengkulu juga akan menggambarkan miniatur hajatan demokrasi di Bengkulu.

“Prediksi saya pilwakot Bengkulu kedepan akan lebih berdinamika karena untuk Provinsi Bengkulu hanya ada dua pilkada kalau dilaksanakan serentak 2024, Pilwakot dan Pilbup Benteng dan saya menyakini Pilwakot Bengkulu akan menjadi primadona” demikian prediksi Elfahmi

Seperti diketahui empat nama ini sudah banyak diperbincangkan bakal bertarung di arena pilwakot Bengkulu. Dedy Wahyudi merupakan wakil wali kota Bengkulu yang saat ini masih menjabat mendampingi Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan sedangkan Ariyono Gumay adalah anggota DPRD Kota Bengkulu dari Fraksi PPP. 

Selanjutnya nama Marliadi politisi Gerindra yang saat ini masih menjabat anggota DPRD Kota Bengkulu juga digadang-gadang bakal maju. Terakhir nama Sumardi yang merupakan eks-Plt. Wali Kota Bengkulu yang sekarang menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari Golkar juga disebut bakal ikut bertarung. [RS]