Disdikbud Kepahiang Minta Semua Sekolah Belajar Jarak Jauh Lagi

Pemerintah Kabupaten Kepahiang

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd. Foto/Dok: Hamza

Interaktif News - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang meminta semua sekolah negeri dan swasta untuk melakukan proses belajar mengajar jarak jauh kembali. 

Hal ini Sehubungan dengan bertambahnya kasus pasien terpapar Covid-19 di kabupaten Kepahiang. 

“Demi menjaga kesehatan dan keselamatan warga sekolah maka mulai tanggal 24 September 2020 seluruh TK, SD dan SMP Negeri maupun swasta di kabupaten Kepahiang untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh hingga pemberitahuan lebih lanjut,”tulis surat edaran (SE) yang dikeluarkan Disdikbud Kepahiang, Rabu (23/09/2020).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd mengatakan, kegiatan belajar mengajar tatap muka langsung di kelas dipandang masih berisiko menyebarkan virus Covid-19. Meskipun keteladanan guru sangat dibutuhkan oleh murid untuk belajar secara langsung.

Baca Juga: KBM Tatap Muka di Kepahiang Masih Menunggu Instruksi

“Kami belum berani menerapkan aktifitas sekolah normal kembali. ini semua pertimbangan untuk memutus penyebaran covid-19 di kabupaten Kepahiang,”kata Hartono saat ditemui di kantornya, Kamis (24/09/2020).

Ditambahkannya, Selama pandemi, para guru terus memberikan materi melalui sarana komunikasi video call. Kondisi ini tentunya tidak memungkinkan para guru untuk memberikan tauladan secara maksimal.
 
“Padahal proses pembelajaran yang baik itu, tetap pola tatap muka disekolah. Melalui belajar dikelas, guru dapat memotivasi dan memacu prestasi belajar murid. Kalau melalui daring sangat terbatas ruang dan waktunya,”tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Hartono, untuk solusi dalam proses pembelajaran selama pandemi, Disdikbud terus mencoba merancang pola belajar mengajar yang efektif.

“Kami terus mencoba mencari solusi, merancang proses KBM secara maksimal dan efektif untuk tetap menjaga mutu pendidikan selama pandemi dan berharap semoga wabah ini segera berakhir, sehingga proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan normal kembali,” pungkasnya.

Reporter: Hamza
Editor: Iman SP Noya