Indahnya Panorama Pantai Air Rami

Pantai Air Rami Bengkulu Utara

Pinggiran Pantai Air Rami Foto: Mukomuko Homeland

Mukomuko, BI – Provinsi Bengkulu memiliki kondisi geografis yang menguntungkan sebagai destinasi wisata, khususnya wisata alam berupa pantai. Hal ini karena banyak bagian dari Provinsi Bengkulu yang mempunyai garis pantai, sehingga layak dikembangkan sebagai tempat wisata. 

Banyak pantai tersebar di wilayah Bengkulu, salah satunya yang masih relatif alami adalah Pantai Air Rami. Daya tarik pantai ini yakni panorama alamnya dan muara sungai dengan vegetasi pohon cemara.Pantai Air Rami tepatnya berada di Kabupaten Mukomuko, yang merupakan kabupaten paling ujung barat Provinsi Bengkulu serta berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat (Padang).

Pantai Air Rami merupakan salah satu wisata alam yang berada diwilayah Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Letaknya berada tepat di pinggir jalan lintas barat (jalinbar) sumatera yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dan Sumatera Barat dan merupakan gerbang masuk dari wilayah selatan ke Kabupaten Mukomuko. 

Oleh masyarakat sekitar, Pantai Air Rami juga dikenal dengan sebutan Pantai Agam, karena orang yang pertama kali membuat rumah sementara dan berjualan di sana ( Pinggiran Jalan menuju Pantai) bernama “Agam”.

Sebagai objek wisata pantai yang mempunyai pasir putih dan tumpukan batu koral yang bersih dengan keindahan panorama alam hutan cemara yang asri. Pantai Air rami sering dijadikan tempat favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah yang melewati Pantai tersebut, jika hendak menuju Kabupaten Mukomuko dan menuju sematera Barat.

Fitri Ramdani (28) salah satu pengunjung  dari luar daerah mengatakan, ia bersama keluarganya jika hendak pergi ke kampung halaman menuju kabupaten pesisir Sumatera Barat, selalu singgah di Pantai Air Rami guna melepas lelah dan sekaligus berwisata. “Kalau kami balik kampung, pasti kami singgah di sini, selain melepas penat, kami juga bisa berwisata, berfoto dan menikmati indahnya panorama alam di pantai ini, selain lokasinya tidak jauh dari jalan besar, pantainya juga masih alami, pohon-pohon cemaranya rindang dan kami bisa istirahat sekaligus berwisata di Pantai ini.”ujarnya.

Pantai Air Rami berjarak sekitar 12 KM dari ibukota kecamatan Ipuh, 112 KM dari Kabupaten Mukomuko dan 158 KM dari Propinsi Bengkulu. Sebagian daerah Objek Wisata Pantai air Rami ini merupakan kawasan cagar alam. Bagi yang menggunakan jalur lintas barat dapat singgah untuk beristirahat Objek Wisata Pantai air Rami sebelum melanjutkan perjalanan ke kota Bengkulu atau ke arah Kabupaten Mukomuko ke Provinsi Sumatera Barat.

Selain pesona wisata pantainya, keramahtamahan penduduknya akan menambah suasana liburan anda terasa semakin menyenangkan.

Nah sobat.... bagi anda yang hoby berwisata Pantai, Pantai Air Rami ini cocok untuk di kunjungi........


Reporter: A Wahid
Editor: Alfridho Ade P