Helmi Hasan Klaim Seluruh Warga Kota Sudah Dikasih Vitamin C, Melyan Sori: Kapan?

Melyan Sori

Melyan Sori Aktfis Pusat Kajian Anti Korupsi (PUSKAKI) Bengkulu, Poto:Dok/FB @Melyan Sori

Interaktif News – Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengklaim sudah membagikan Vitamin C untuk seluruh warga Kota Bengkulu dalam upaya menangani wabah Covid-19. Pernyataan itu disampaikan langsung Wali Kota saat wawancara  live di program Breaking News INews TV, Selasa, (21/04/2020) sore.

Awalnya Wali Kota Helmi Hasan menjawab pertanyaan dari News Anchor INews terkait kontroversi pelaksanaan shalat tarawih di masjid  bagi warga Kota Bengkulu saat bulan suci Ramadan di tengah wabah covid-19. 

Kemudian pertanyaan berlanjut kepada program dan rencana program pemerintah Kota Bengkulu dalam rangka menangani wabah Covid-19. 

“Apa pak yang bisa menjadi jaminan pengawasan berjalan dengan baik implementasinya di lapangan, apa saja peranan pemkot yang memang sudah direncanakan untuk dijalankan pak” tanya News Anchor INews TV

Kemudian Wali Kota Helmi Hasan langsung menjawab dengan menjelaskan beberapa langka yang telah dilakukan pemerintah Kota Bengkulu diantaranya melakukan penyemprotan di rumah-rumah ibadah, menyiapkan alat cuci tangan di masjid, mengajak warga memakai masker, melakukan penjagaan di pintu-pintu masuk bahkan pemkot sudah memberikan vitamin C  untuk seluruh masyarakat Kota Bengkulu. 

“…Pemerintah juga sudah memberikan vitamin C kepada seluruh masyarakat agar kemudian fisik mereka terjaga itu juga pemerintah lakukan” kata Helmi Hasan menjawab 

Rekaman video siaran langsung itu kemudian beredar di media sosial yang kemudian menuai beragam tanggapan. Yang paling disorot adalah soal pemberian vitamin C untuk seluruh warga Kota Bengkulu. 

Seperti yang disampaikan aktifis Bengkulu Meylan Sori di linimasa akun FB miliknya. Melyan bahkan menuding Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan telah melakukan kebohongan. 

Dijelaskan Melyan, dalam wawancara di INews  Helmi Hasan menyampaikan sudah memberikan Vitamin C kepada seluruh warga Kota Bengkulu sedangkan faktanya pembagian Vitamin C itu tidak pernah dilakukan. 

“Titik poinnya adalah ‘SUDAH’ dan ‘SELURUH’ jelas ini kebohongan yang hakiki. Kapan pemerintah Kota membagikan Vitamin C” tanya Melyan

Melyan meyebut kebohongan tersebut sudah kerap kali terjadi sehingga Ia merasa tidak perlu lagi memberikan contoh-contoh kebohongan tersebut.  

“Sangat disayangkan kebohongan Helmi yang sudah sering dia lakukan tidak perlu lagi rasanya kita kasih contoh apa saja kebohongan Helmi” kata Melyan Sori ketika dikonfirmasi Bengkuluinteraktif.com, Rabu, (22/04/2020)

Penelusuran media ini memang pemerintah Kota Bengkulu belum pernah membagikan vitamin C terkait penangnan wabah Covid-19 di Kota Bengkulu seperti yang disampaikan wali kota dalam wawancaranya. 

Sejauh ini Pemkot Bengkulu baru membagikan beras 5 Kg dan Mie Instan 1 Dus untuk warga Kecamatan Kecamatan Teluk Segara, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kecamatan Sungai Serut, Kecamatan Kampung Melayu pada tanggal 18 April 2020 lalu.

Terkait Video tersebut Bengkuluinteraktif.com sudah berupaya mengkonfirmasi langsung dengan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan. Namun, pesan Wa yang dikirim redaksi belum ditanggapi. 

Reporter: Riki Susanto