Gempur: Cross Check Mutasi Pemkot, Termasuk Bebas Narkoba

Gempur: Cross Check Mutasi Pemkot, Termasuk Bebas Narkoba

InteraktifNews – Menanggapi mutasi pemkot yang digelar pada 25 Maret lalu, Aktifis Gempur Kota Bengkulu Taufik Hidayat meminta pemkot untuk melakukan Cross Check hasil mutasi agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Taufik menyebut ada beberapa ASN dari luar daerah yang masuk dalam jajaran mutasi pemkot yang belum diketahui track record-nya oleh warga kota. 

“maksud saya begini, ada salah satu ASN didaftar mutasi itu yang sebelumnya di-nonjob di salah satu daerah, tiba-tiba yang bersangkutan ‘diangkut’ ke kota untuk jabatan yang sangat strategis, coba di-review, kenapa Nonjob? Apakah bermasalah atau apa ? kan bisa dilacak, minta refrensi ke daerah bersangkutan” ujar Taufik , Senin, (01/04/2019)

Lanjutnya, selain track record isu bebas narkoba juga penting untuk menjadi konsen pemkot, hal ini sesuai dengan komitmen pemkot yang mengusung tagline religius, jangan sampai produk mutasi menjadi masalah dikemudian hari. Namun, secara prinsip Taufik mengapresiasi kebijakan mutasi karena bertujuan untuk penyegaran agar terjadinya efektifitas dan efesiensi kinerja birokrasi.

“saya kira mutasi itu baik untuk penyegaran tapi harus efektif, misalnya begini jabatan Kepala Dinas Kelautan Perikanan itukan selama ini kosong kalau diisi itu benar, mungkin sebagian masyarakat selama ini nggak kenal apa itu DKP artinya harus diisi dengan pejabat yang benar-benar inovatif agar DKP menjadi OPD yang mampu menjadi bagian utama dari pembangunan, kota ini kawasan maritim artinya peran DKP harus diperkuat” kata Taufik 

Sebelumnya pemkot menggelar mutasi puluhan pejabat eselon pada Kamis 14 Marat 2019. Mutasi itu menjadi mutasi perdana sejak kepemimpinan Helmi-Dedy. 7 pejabat eselon II ikut terkena mutasi diantaranya Kadis Pertanian, Sekwan, Kaban Kesbangpol, Kadis DPPKAD, Kaban Litbang, Kadis PUPR.

Mutasi yang dipimpin Wawali itu terbilang mendadak sebab pemkot sebelumnya tidak memberi kabar, begitu juga sebagian pejabat yang digeser mengaku tidak menyangka bakal dirotasi. Namun, Wawali menegaskan kepada pejabat pemkot untuk tetap fokus pada pekerjaan dan posisinya masing-masing dan menjalankan program-program kerakyatan yang telah dicanangkan sebelumnya.

“Pada sore ini kita baru saja melaksanakan proses pelantikan mutasi dan promosi pejabat di ranah pemerintah Kota Bengkulu. Ini merupakan proses yang biasa di dalam dunia demokrasi dan merupakan penyegaran untuk para pejabat baru dan lama untuk memiliki pengalaman diberbagai bidangnya,” kata Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi saat memimpin mutasi, dikutip bengkulutoday.com

Reporter : Riki Susanto
Editor : Freddy Watania