Wujudkan SPBE, Pemkab Bengkulu Tengah Launching Data Center dan Sikabbenteng

1

Foto/Dok: Agus Ansori 

Interaktif News - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melalui Dinas Kominikasi dan Informatika (Kominfo) melaunching data center dan aplikasi Sistem Informasi Kabupaten Bengkulu Tengah (Sikabbenteng) di Hotel Santika, Selasa (03/12). Aplikasi ini bertujuan untuk pengembangan data dan informasi elektronik Kabupaten Bengkulu tengah, sesuai dengan Perpres 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kegiatan ini diresmikan langsung oleh Bupati Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli dan di hadiri oleh Gubernur,walikota dan Bupati se-Provinsi Bengkulu atau yang mewakili. Juga dihadiri oleh seluruh pimpinan OPD di lingkungan kabupaten Bengkulu Tengah dan rekan media.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli sangat mengaperisiasi sekali dengan adanya Data Center dan Aplikasi Sikabenteng ini.  Ia mengatakan di era digital ini, penyebaran informasi dan juga layanan kepada publik dituntut cepat dan akuntabel. " Dengan adanya aplikasi Sikabbenteng ini nanti, informasi seputar kabupaten Bengkulu Tengah bisa cepat diakses menggunakan aplikasi ini" Kata Bupati.

Ketua Pelaksana Lilly Kartika Sari, M.Si mengatakan, Kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Tengah dikarenakan tempat pelaksanaan sangat terbatas. tujuan dari acara ini untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih transparan dan akuntabel. 

"Sebelumnya kami mohon maaf karena seyogyanya kegiatan ini lebih tepat dilaksanakan di tempat kami sendiri. Namun karena keterbatasan kami dalam menyiapkan tempat yang presentatif sehingga kami akhirnya memilih Hotel Santika sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini. Adapun kegiatan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi kami dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih efektif transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya," ujar Lili.

Dirinya juga menyampaikan dari Dinas komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bengkulu Tengah selalu berusaha untuk berperan aktif dalam pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) sebagai salah satu bentuk layanan publik yang terintegrasi.

"Untuk perencanaan kami juga sudah membuat draft rencana induk SPBE Kabupaten Bengkulu Tengah termasuk di dalamnya arsitektur dan SOP pelaksanaan SPBE mudah-mudahan di tahun 2020 sudah bisa ditandatangani," sampainya.

Sementara, Walikota Bengkulu Helmi Hasan yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Bengkulu Matriyani Amran saat menghadiri launching data Sikabbenteng mengatakan bahwa “Evaluasi ini bertujuan meningkatkan kinerja Pemerintah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

Dimana, kata dia, Evaluasi dilakukan untuk memperoleh nilai indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di setiap Instansi dan bukan untuk me-rangking Kementerian, Lembaga, Instansi, Provinsi atau Kabupaten/Kota," pungkasnya.

Reporter: Agus Ansori
Editor: Alfridho Ade Permana