Politisi Asal Bengkulu Jabat Bendum Pusat Partai Ummat

Benny Suharto

Benny Suharto Bendahara Umum Partai Ummat, Foto: Dok

Interaktif News – Nama politisi asal Bengkulu Benny Suharto disebut dalam pengumuman pengurus inti Partai Ummat pada Kamis, 29 April 2021. Benny Suharto dipercaya menjabat sebagai Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Ummat. Ia mendampingi menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi yang menjabat Ketua Umum dan Ahmad Muhajir Sodruddin sebagi Sekretaris Jendral. 

“Kami akan bacakan Pengurus Inti dari Dewan Pengurus Pusat Partai Umat, Ketua Umum Ridho Rahmadi, Sekretaris Jendral Ahmad Muhajir Sodruddin, Bendahara Umum Benny Suharto, Wakil Ketua Umum I Agung Muzin, Wakil ketua Umum II Sugeng, Wakil ketua Umum II Chandra Tirta Wijaya” kata panitia yang membacakan pengurus DPP Partai Umat saat deklarsi secara virtual di Yogyakarta. 

Selain pengurus inti, partai berlambang bintang emas ini juga diisi oleh Majelis Syuro yang terdiri dari KH Amien Rais sebagai sebagai Ketua Umum Majelis Syuro. Dalam struktur Majelis Syuro Amien Rais didampingi mantan Menteri Kehutanan MS Kaban yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum I, Habib Thalib Segaf Al Jufri Wakil Ketua II, dan Sekretaris Majelis Syuro Ansufri Idrus Sambo. 

Benny Suharto merupakan putra kelahiran Bengkulu, asal Kabupaten Seluma. Ia sempat digadang-gadang sebagai bakal calon kuat pada Pilwakot Bengkulu tahun 2018 lalu dan calon bupati di tanah kelahirannya Kabupaten Seluma pada pilkada 2020. Namun, seluruh agenda politik itu diurungkan dan kini namanya menjadi pengurus inti Partai Ummat.

Ayah dari 3 orang anak ini selain aktif di politik juga lebih dikenal sebagai pengusaha sukses. Banyak bidang usaha yang ditekuni mulai dari perternakan, pertambangan, properti, farmasi hingga usaha yang berbasis UMKM. Beberapa waktu lalu Benny sempat meluncurkan program Badan Usaha Milik Petani (BUMP) melalu perternakan sapi unggul. 

Sebelumnya sosok Benny Suharto merupakan politisi PAN yang menjabat sebagai  Pambina Wilayah Partai Amanat Nasional Provinsi Bengkulu. Sempat mencalonakan diri sebagai anggota DPR RI Dapil Bengkulu pada pileg tahun 2019 lalu. 

“Saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama. Kami Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya Insyallah akan bekerja, berjuang, dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan menegakan keadilan” kata KH Amien Rais saat membacakan naskah deklarasi Partai Ummat.  

Reporter: Anasril Azwar