Polisi dan Basarnas Evakuasi Laka Laut di Perairan Pasar Bawah

Polres Bengkulu Selatan

Foto/Dok: Tribratanewsbengkulu.com 

Interaktif News – Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu menurunkan tim bersama Basarnas untuk melakukan evakuasi Laka Laut yang terjadi di Perairan Pasar Bawah, Kecamatan Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan yang mengakibatkan kerugian ditaksir senilai Rp. 50.000.000 (Lima puluh juta rupiah) Sabtu kemarin (12/09/2020).

Kronologis kejadian sekitar pukul 05.30 Wib, pada saat satu unit kapal nelayan “KN BHT” yang dikemudikan oleh satu orang motoris Kapal bernama Irawan (45) bersama kedua ABK bernama Erlan (47) berdomisili Jl. Letnan Jahidin Kecamatan Pasar Manna dan Hendri (50) yang berdomisili Jl. Gedang Melintang Kelurahan Pasar Bawah berangkat menuju ke perairan Ujung Pasar Bawah untuk melaut, tepat pukul 06.10 perahu nelayan yang baru melaju sejauh kurang lebih 600 meter dari bibir pantai ini mengalami hempasan ombak yang sangat kuat ketika akan menurunkan jaring kelaut sehingga kapal terbalik akibatkan kedua ABK dan Motoris beserta peralatan yang dibawah jatuh terjun kedalam laut.

Tidak lama setelah tragedi ini terjadi, tim gabungan berhasil mendatangi TKP Laka laut di pantai Pasar Bawah, tim yang dibantu oleh warga sekitar langsung membantu mengevakuasi kapal sekaligus mengevakuasi ketiga Nelayan.

Menurut keterangan Kapolres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu AKBP Deddy Nata S.IK, kepada awak media, tidak ada korban jiwa dalam tragedi ini, para Nelayan berhasil dievakuasi dengan selamat dalam kondisi sehat walafiat.

“Tidak ada korban jiwa dalam tragedi ini hanya saja Kapal mengalami kerusakan yang terbilang cukup parah pada mesin tempel dan peralatan jaring tangkap yang dibawa nelayan hilang dan sampai saat ini belum berhasil ditemukan,” tambahnya.

Saat ini Kapal sudah berhasil diamankan di Dermaga Muara Pasar Bawah, dan Tim Basarnas terus melakukan penyelidikan dugaan adanya kerugian yang lebih besar. (**)