Gunung Patah Bengkulu, Ada Kawah Indah hingga Bunga Langka

Gunung Patah Bengkulu

Kawah Gunung Patah di Kabupaten Kaur, Bengkulu, Foto: Dok/IG

Interaktif News – Mungkin banyak yang belum tahu, ternyata alam Bengkulu tidak hanya menyimpan eksotisme Gunung Bungkuk yang sudah sangat familiar karena pemandangan kawahnya. Di ujung barat Provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Kaur terdapat Gunung Patah yang tak kalah menakjubkan.  

Lokasi Gunung Patah lebih tepatnya berada di garis perbatasan antara Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Selatan masuk dalam kawasan hutan lindung Rajamendara yang dalam pengelolaan KPH Kaur, Dinas Kehutanan Provinsi Bengkulu. 

Gunung Patah adalah gunung berapi berusia pada periode kuaterner. Pada 1 Mei 1989 terjadi aktifitas fumarol yang diamati oleh seorang pilot di dekat puncak, tanggal pembentukan dan hubungan geologinya tidak diketahui secara pasti. Gunung ini memiliki 3 puncak utama, puncak Bukit Belirang yang merupakan danau Kaldera dengan ketinggian 2.550 MDPL, puncak kawah dengan ketinggian 2.650 MDPL, dan puncak tertinggi yang berada pada perbatasan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan dengan ketinggian 2.852 MDPL. 

Bentang alam Gunung Patah masih tampak asli dan alami walaupun kawasan tersebut juga telah mulai terkontaminasi oleh adanya perambahan hutan, perkebunan, dan agribisnis yang intensif (seperti kopi dan sawit), terutama pada kawasan hutan di zona dataran rendah. 

Gunung Patah menyimpan flora langka yaitu bunga Rhododendron atau Azalea. Bunga itu pertama kali ditemukan oleh Peneliti LIPI, Imawan Hidayat yang  menduganya sebagai tumbuhan endemik Gunung Patah. Bunga Rhododendron atau kerap pula disebut Kadudampit hanya tumbuh pada ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut yang 

Kawah Gunung PatahKawah Gunung Patah, Bengkulu, Foto: Dok/IG 

Titik terdekat untuk mencapai Gunung ini terletak di Desa Manau Sembilan, Kecamatan Padang Guci, Kabupaten Kaur. Dari pusat Kota Bintuhan, Kabupaten Kaur membutuhkan 2 jam perjalanan darat menggunakan mobil atau motor. Bagi pengunjung yang ingin melanjutkan pendakian dapat menitipkan kendaraan di rumah warga setempat.  

Namun, menurut laporan ekspedisi 28 Gunung yang diselenggarakan oleh East-Eiger Adventure, sebenarnya terdapat 3 jalur pendakian menuju Gunung Patah. Pertama melalui jalur Semendo, kedua melalui jalur Lahat yang keduanya harus diakses via Provinsi Sumatera Selatan. Ketiga jalur Provinsi Bengkulu yang dapat di akses melalu Desa Manau Sembilan, Kecamatan Padang Guci, Kabupaten Kaur. Jalur ini merupakan yang terdekat.

Bagi yang berniat untuk melakukan pendakian gunung tertinggi di Bengkulu ini disarankan menggunakan pemandu. Akses dan rute menuju Gunung Patah sangatlah berat karena harus berhadapan dengan vegetasi hutan hujan tropis yang sangat lebat dan rapat. 

Reporet: Anasril Azwar
Editor: Alfridho Ade Permana