Sah! KPU Tetapkan Rohidin-Rosjonsyah Pemenang Pilgub

Rohidin

Rohidin Mersyah-Rosjonsyah pemenang pilgub Bengkulu 2020, Poto: Dok

Interaktif News – KPU Provinsi Bengkulu akhirnya resmi menetapkan pemenang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Bengkulu pilkada tahun 2020 lalu. Hasilnya paslon Nomor Urut 2 Rohidin-Rosjonsyah secara resmi ditetapkan sebagai pememang. 

Keputusan itu tertuang dalam berita acara rapat pleno terbuka KPU Provinsi Bengkulu Nomor 291/PL.02.7-BA/17/Prov/II/2021 yang ditandatangani 5 komisioner KPU, Irwan Saputra (ketua merangkap anggota) Darlinsyah (anggota) Emex Verzoni (anggota) Eko Sugianto (anggota) dan Siti Baroroh (anggota). 

“Menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020 adalah pasangan calon dengan perolehan suara terbanyak, yaitu Pasangan Calon Nomor Urut 2 atas nama Dr. H. Rohidin Mersyah dan Dr. E. H. Rosjonsyah,” kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, dalam rapat pleno yang disiarkan live via FB, Kamis, (18/02/2021)

Rohidin-Rosjonsyah unggul suara dari paslon Helmi Hasan-Muslihan Diding Sutrisno dan Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi. Perolehan suara paslon yang diusung Golkar, PDIP, PKS, Demokrat, PKPI, PPP, dan PSI itu mencapai 418.080 suara atau 41, 20 persen dari suara sah. 

Hasil Pilgub Bengkulu sempat digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh Paslon Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi. Namun, gugatan itu kandas. 

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah dalam keterangannya mengucapkan syukur atas proses penyelenggaran pilgub bengkulu yang sudah sampai pada tahapan penetapan pemenang. Ia beraharap proses selanjutnya akan berjalan sukses sehingga produk pilkada dapat benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

“Tidak hentinya kami ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah ikut berpartisipasi aktif mulai dari tahapan sosialisasi, proses pencobolosan hingga tahapan akhir penetapan pemenang. Tanpa dukungan dari teman-teman kami sangat menyadari rasanya sangat tidak mungkin menyelenggarakan hajatan sebesar ini“ kata Darlinsyah 

Selanjutnya kata Darlin, KPU Provinsi Bengkulu juga mengukir prestasi yang sangat luar biasa pada proses pilkada 2020. Walalupun diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, tingkat partisipasi pemilih di Bengkulu melampaui target nasional. 

“Tingkat partisipasi pemilih kita tertinggi kedua secara nasional. Dari target 75 persen nasional kita mampu berada diangka 77,3 persen. Ini prestasi membanggakan” kata mantan Ketua KPU Kota Bengkulu ini.  

Reporter: Anasril Azwar
Editor: Alfridho Ade Permana