Intip 6 Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin

jurusan eknik mesin

Ilustrasi mahasiswa jurusan Teknik Mesin, Foto: Dok

Tips Interkatif - Lulusan teknik mesin tidak selalu menguasai tentang mesin mobil, motor, atau kegiatan otomotif saja. Melainkan juga mendalami tentang konversi energi, teknik produksi, konstruksi dan perancangan, hingga material. Sehingga, prospek kerja lulusan teknik mesin cukup luas. Apalagi, saat kuliah, jurusan teknik mesin erat kaitannya dengan ilmu matematika dan fisika.

Agar mendapatkan pekerjaan yang bagus, lulusan teknik mesin harus menguasai pemahaman fisika, matematika, menggambar teknik, gambar 2D dan 3D, meneliti, bekerja dalam tim, mengoperasikan AutoCad, serta melakukan analisis. Dengan kemampuan dan pengalaman yang mumpuni, maka nilai jual pada diri Anda akan meningkat dan bisa bersaing mendapatkan prospek kerja yang berkualitas.

Ingin tahu lebih jauh mengenai prospek kerja lulusan teknik mesin? Dapatkan di sini penjelasan selengkapnya!

1.  Teknisi dan Operator Mesin

Prospek kerja bagi lulusan teknik mesin yang pertama adalah teknisi dan operator mesin. Di sini, Anda bertugas mengoperasikan mesin serta melakukan perawatan. Anda juga harus mampu memperbaiki kerusakan hingga mempersiapkan spare part mesin yang dibutuhkan.

Tentu semua perusahaan sangat membutuhkan teknisi yang bisa menjalankan mesin dengan baik untuk memperlancar proses produksinya. Dengan begitu, kegiatan perusahaan bisa berjalan secara efektif dan efisien.

2. System Analyst

Banyak yang mengira bahwa pekerjaan sebagai system analyst hanya untuk orang IT. Ternyata, profesi ini juga bisa dimasuki oleh lulusan teknik mesin. Meski begitu, sistem yang dimaksud adalah sistem mekanis. Misalnya, mesin industri baja atau pengolah susu.

3. Guru atau Dosen

Meski lulusan teknik mesin, Anda bisa saja mempunyai kesukaan mengajar. Tenang saja, ada prospek kerja yang bisa menyalurkan ilmu dan passion Anda. Ya, Anda bisa menjadi guru ataupun dosen.
Anda bisa mengajar di SMK jurusan terkait atau bisa juga menjadi dosen dengan jurusan serupa. Namun, untuk menjadi dosen, Anda harus melanjutkan S2 untuk bisa mengajar mata kuliah terkait.

4. Industri Bioteknologi

Prospek kerja teknik mesin tidak hanya berkaitan dengan dunia otomotif saja. Bahkan, Anda dapat bekerja pada industri bioteknologi. Nah, bioteknologi sendiri merupakan teknologi yang bisa membantu proses peningkatan kualitas hidup pada manusia dengan cara memanfaatkan tenaga dari alam untuk menciptakan suatu produk terbaru. Nah, lulusan teknik mesin sendiri berperan dalam membuat alat farmasi, kedokteran, dan lain sebagainya.

5. Industri Otomotif

Selanjutnya, ada industri otomotif yang tentunya besar kemungkinan menampung lulusan teknik mesin. Ada dua jenis industri otomotif yang bisa dipilih seperti mekanik kendaraan serta perencanaan produk otomotif.
Anda dapat mengurus mesin yang terdapat pada sepeda motor, mobil, ataupun kereta. Mesin yang harus Anda urusi meliputi semua komponen baik transmisi kendaraan hingga spesifikasi mesinnya.

6. Industri Pertambangan

Peluang kerja bagi lulusan teknik mesin yang terakhir adalah pada industri tambang. Sebab, pada industri ini dibutuhkan ahli mesin yang bertugas untuk mengawasi serta mengendalikan proses produksi beragam bahan tambang. Ahli mesin akan bekerja mulai dari proses pengambilan sampai pengolahan bahan tambang tersebut.

Indonesia yang memiliki pertambangan yang sangat besar tentu membutuhkan insinyur mesin yang berkualitas. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih perusahaan multinasional untuk prospek yang lebih baik.

Itulah enam prospek kerja lulusan teknik mesin yang dapat Anda simak. Ternyata, tidak hanya di bidang otomotif saja, peluang kerjanya sangat luas dan meliputi berbagai macam perusahaan dan industri. 

Umumnya, insinyur mesin akan ditempatkan pada bagian penelitian & pngembangan di industri baja, perusahaan teknis, industri mobil dan transportasi, kantor desain, konsultan dan desain, laboratorium R&D, atau pabrik produksi.
Gaji Lulusan Teknik Mesin

Di Indonesia, rentang gaji lulusan teknik mesin antara Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per bulan. Angka bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung dari posisi, pengalaman, jabatan, serta wilayah kerja Anda. Bahkan, untuk posisi manajer, bisa saja gajinya sampai Rp 10 jutaan.
Namun, sebagai lulusan yang bertanggungjawab, Anda tidak boleh hanya fokus pada gaji saja. Melainkan juga harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni terkait dengan pengelolaan proses teknologi, melakukan fungsi koordinasi mengenai teknik pemeliharaan mekanis, serta melakukan pemeliharaan preventif dan menyisipkan alat baru untuk kebutuhan bisnis dari perusahaan.

Apakah Anda tertarik berkecimpung di dunia teknik mesin, maka bisa memilih beberapa universitas berikut ini :

  1. Universitas Brawijaya Malang
  2. Universitas Indonesia Depok
  3. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  4. Institut Pertanian Bogor
  5. Institut Teknologi Bandung
  6. Universitas Diponegoro Semarang
  7. Universitas Hasanuddin Makassar
  8. Universitas Trisakti Jakarta
  9. Universitas Sumatera Utara
  10. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  11. Universitas Sebelas Maret Surakarta
  12. Universitas Sriwijaya Palembang
  13. Universitas Negeri Semarang

Demikian penjelasan mengenai teknik mesin dan prospek kerjanya. Dilengkapi juga dengan gaji dan daftar universitas yang menyediakan jurusan terkait. Semoga bermanfaat.

Editor: Iman SP Noya