DPMPTSP Kota Bengkulu Ajak Masyarakat Dukung SPI KPK

SPI KPK RI

Kepala DPMPTSP Kota Bengkulu, Irsan Setiawan. Foto/Dok

Interaktif News – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu mengajak seluruh masyarakat Kota Bengkulu untuk mendukung dan mensukseskan Survei Penilaian Integritas (SPI) 2023 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bengkulu.

Hal ini disampaikan Kepala DPMPTSP Kota Bengkulu Irsan Setiawan usai mendampingi tim survei penilaian integritas dari KPK RI yakni, Budi Cahyono selaku tenaga ahli madya dan Maria Gris Silvana selaku tenaga ahli muda meninjau pelayanan di MPP Kota Bengkulu, Kamis (10/8/23).

“Untuk tahun ini, survey dilakukan secara online, dimana tim SPI KPK akan meminta informasi mengenai pelayanan di MPP Kota Bengkulu melalui whatsapp kepada masyarakat atau pengguna layanan,” ujar Irsan.

Sementara itu, dikatakan Budi Cahyono selaku tenaga ahli Survei Penilaian Integritas KPK bahwa pihaknya dalam pelaksanaan SPI kali ini menggunakan responden dari eksternal untuk mengetahui bagaimana pelayanan di MPP Kota Bengkulu.

“Kami dari tim SPI KPK ingin menggunakan responden dari eksternal yaitu pengguna layanan untuk ikut serta dalam pelaksanaan SPI tahun 2023 ini, sehingga kita perlu mengecek dan melihat bagaimana prosesnya di MPP ini,” ujar Budi.

Dirinya menjelaskan, dalam SPI tahun ini memang dilaksanakan melalui online, tidak ada tatap muka, yaitu melalui whatsapp. 

Oleh karena itu pihaknya memerlukan informasi nomor handphone pengguna layanan. Ia minta kerjasama DPMPTSP agar setiap pengguna layanan yang datang ke MPP juga memberikan nomor handphone yang aktif.

“Tenang saja jangan khawatir, nomor hanphone sangat kami jaga keamanan dan privasinya. Jadi kepada masyarakat pengguna layanan jangan khawatir untuk memberikan informasi sebaik-baiknya apabila nanti ada whatsapp dari KPK. Kalau ada whasapp dari KPK yang ada centang hijaunya itu bukan hacker, itu benar-benar dari KPK,” tutur Budi.

Karena ini adalah survey, lanjut Budi pihaknya akan meminta informasi mengenai persepsi, mengenai pelayanan, pengalaman dan lain-lain selama mendapatkan pelayanan di MPP Kota Bengkulu. 

“Pertanyaannya mengenai integritas, suap, gratifikasi dan lain-lain yang ada kaitannya dengan korupsi,” kata Budi.

Saat pihaknya meninjau aktifitas pelayanan di MPP Kota Bengkulu, Menurut Budi, pelayanan yang diberikan sudah cukup baik.

“Saya pikir cukup baik, karena sudah memberikan pelayanan yang baik kepada pengguna layanan dalam rangka untuk efisien dan efektif agar masyarakat di sini bisa dilayani dengan baik dan juga bisa memangkas peluang korupsi,” tandas Budi. (MCKB)

Editor: Alfridho Ade Permana