Three Brother’s Sang Penakluk Festival Rock Indonesia

Three Brothers Bengkulu

Personil Band Three Brother’s di ajang festival Rock Indonesia Tahun 1996, Foto: Dok/IG @officialthreebrothersrockband 

Interaktif News - Nama Bengkulu sempat disebut-sebut di ajang Kontes Dangdut Indonesia (KDI) lewat talentanya bernama Yofi. Penyanyi dangdut asal kabupaten Kepahiang itu sempat berlaga di ajang final KDI 5 yang digelar TV swasta nasional. Namun, jauh sebelum Yofi KDI terkenal, talenta bermusik asal Bengkulu telah lebih dulu mengukir sejarah lewat Band Three Brother’s.  

Band beraliran rock ini pernah menaklukan festival Rock Indonesia lewat single hits-nya ‘Setan Morfin’. Digawangi Tatang Ricky sebagai vokalis, Ewan Rusli sebagai gitaris, Welly Rusli sebagai drumer, dan Dudi Iskandar Rusli sebagai keyboardis, dan Rudi Ras sebagai basist, Three Brother’s berhasil menjadi finalis Festival Rock Indonesia tahun 1991. 

Ajang bergengsi tingkat nasional yang digelar di Surabaya, Jawa Timur itu menempatkan Band Three Brother’s sebagai 10 band finalis tebaik. Three Brother's bersanding dengan Cassanova, Pythagoras, Kaisar, Valhalla, Sahara, New Chordhex’s, Ertebe, Balance, dan Whizzkid. Di ajang ini pula nama penyanyi Hengky Supit menjadi terkenal. Henky saat itu merupakan vokalis Band Kaisar yang menjadi juara pertama di ajang itu. 

Band yang lahir tahun 1979 ini awalnya mengikuti audisi Festival Rock Indonesia ke 6 di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Three Brothers kemudian menjadi juara 1 untuk wilayah Sumbagsel.

Lolos audisi di Palembang, Three Brother’s kemudian mengikuti semi final di Kota Malang hingga akhirnya berhasil mengikuti ajang final di Kota Surabaya bersama dengan 20 band-band rock seluruh Indonesia. Di Kota Pahlawan itulah Three Brother's mengukir sejarah dengan terpilih sebagai 10 finalis terbaik. 

Promotor Festival Rock Indonesia ke 6, Log Zhelebour kemudian membuat album kompilasi yang diambil dari 10 band finalis terbaik. Album yang berisi 10 lagu itu salah satunya milik Three Brother's yang berjudul 'Setan Morfin’. 

Three Brothers Bengkulu

Kisah Three Brother’s terus berlanjut. Tahun 1996 band ini kembali mengikuti audisi Festival Rock Indonesia ke 8 yang digelar di Kota yang sama, Surabaya. Three Brother’s kembali mengukir tinta emas dengan kembali 10 finalis terbaik. Namun, pada ajang itu, formasi Three Brother’s berubah. Vokalis yang semula diisi Tatang Ricky digantikan Andy Lala yang juga dikenal sebagai pemain drum dan musisi asal Bengkulu. 

Dalam festival itu, Three Brother’s mengangkat tema lagu rock yang lebih cadas lewat single-nya yang berjudul ‘Cakrawala’. Lagu Cakrawala yang dibawakan Three Brother's bahkan membuat peserta festival terkagum hingga personil dari Band Power Metal ikut naik panggung.

“Saat itu Power Metal ikut jingkrak-jingkarak bersama dengan kami di atas panggung. Mereka sangat berterimakasih dengan Three Brothers yang mengangkat tema lagu rock metal yang menjadi aliran dari band mereka (Power Metal)” kenang Sang Gitaris Three Brother’s, Ewan Rusli, dikutip di akun youtube, Sakha Entertainment.

Reporter: Irfan Arief
Editor: Riki Susanto