Pengelolaan Arsip Secara Efisien Menjaga Keamanan Inventaris

dpk bengkulu

Interaktif News – Banyak dari masyarakat yang belum mengetahui dengan rinci tentang  pengelolaan kearsipan. Kepala Bidang Kearsipan, Sardi, mengatakan tantangan dalam menjaga arsip beserta pengamanannya harus secara detail dan efisien.

“Keamanan tentunya menjadi tantangan berat baik itu dari segi organisasi apalagi instansi, mengantisipasi jauh lebih baik dari pada mengganti,” kata Sardi, Selasa (6/2/2024).

Sardi menekankan hal itulah yang dilakukan pihaknya dalam menjaga keamanan inventaris Arsip di Provinsi Bengkulu.

dpk

“Tantangan dalam menjaga kearsipan yang kita jalani selama ini, untuk arsip itu sendiri perlu adanya pengamanan seperti kesejukan udara dalam mengatur temperaturnya di ruangan. Kalau suhunya tidak stabil dikhawatirkan kertas-kertas arsip itu bisa rusak,” ungkap dia.

Sardi menjelaskan, Bidang Kearsipan yang Ia jalani saat ini sangat detail dalam menjaga arsip yang di simpan di ruangan mereka.

“Hal ini dilakukan demi terjaganya arsip-arsip tersebut, seperti arsip pemerintah daerah, tokoh Bengkulu, dan arsip dari OPD kabupaten/kota. Jadi tingkat keamanan Kearsipan harus diperhatikan agar terjaganya data-data arsip yang disimpan,” jelasnya.

dpk

Lebih jauh. Sardi mengatakan untuk mengelola arsip tentunya ada petugas khusus yang bertugas dalam pemilahan. Hal itu dilakukan oleh arsiparis yang menjaga dan mengelola data setiap hari untuk mendapatkan nilai atau kredit.

“Itu sebabnya mereka bekerja detail dan berhati-hati, mereka juga selalu detail dalam memilah yang mana arsip dinamis dan arsip statis. Kemudian mana yang lisensinya sudah memasuki massa rentan dan mana yang baru, mereka sudah mengetahuinya,” demikian Sardi. [Adv]