Update Covid-19 Bengkulu 8 April 2020: 2 Orang Positif, PDP Asal Kaur Meninggal

Herwan Antoni

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni saat memberi keterangan di Posko Krisis Kesehatan Provinsi Bengkulu, Rabu, 7 April 2020, Poto:Dok

Interaktif News – Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu terus meng-update perkembangan perkembangan kasus Covid-19 untuk wilayah Bengkulu. 

Rabu, 07 April 2020, terdapat 2 orang yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes laboraturium yang diterima pihak Dinkes Provinsi Bengkulu dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang. 

Dua orang dinyatakan positif itu sebelumnya berstatus ODP karena pernah kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya.

"Hari ini ada 2 penambahan kasus konfirmasi Positif Covid-19. Kedua orang tersebut merupakan warga Bengkulu," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, di Posko Krisis Kesehatan Bengkulu, Rabu (08/04/2020)

Pihak Dinkes tidak memberikan penjelasan lebih detil terkait dua kasus tesebut hanya saja Herwan Antoni mengatakan, tren penularan kasus di Bengkulu terjadi karena transmisi lokal.

"Trend kasus konfirmasi baru ini terjadi karena seseorang tidak berpergian ke daerah lain, namun tertular dari orang yang berpergian ke luar daerah. Sehingga yang positif tersebut tertular dari orang di dalam daerah, atau transmisi lokal," jelas Herwan.

Dengan demikian, berdasarkan update data tersebut kasus positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu menjadi 4 orang. Sebelumnya 2 orang yang dinyatakan positif adalah  1 orang Jamaah Tabligh asal Provinsi Lampung telah meninggal dunia dan 1 orang karyawan Bank Bengkulu saat ini masih menjalani perawatan di RS M Yunus.

Sementara itu untuk status ODP per 8  April 2020 terjadi penambahan 19 orang sedangkan PDP tidak terjadi penambahan dengan demikian total status ODP dan PDP menjadi 516 orang. Adapun rinciannya, 271 orang dinyatakan sehat atau selesai dalam pemantauan dan 228 orang masih dalam status pemantauan.

Namun, 1 orang PDP asal Kabupaten Kaur yang dirawat di RS Hasanudin Damrah Bengkulu Selatan dinyatakan meninggal dunia dan telah dimakamkan di Kaur sesuai dengan SOP Covid-19.

“Malam tadi ada satu orang laki-laki 50 tahun asal kabupaten Kaur yang dirawat di RS Hasanudin Damrah Bengkulu selatan pada 4 April 2020 yang lalu, malam tadi pukul 01.45 WIB meninggal dunia” kata Herwan

PDP tersebut memiliki gejala klinis berupa phenomenia bilateral dan sebelumnya sudah dilakukan Rapid Test dengan hasil unreaktif sedangan untuk Swab laboratorium baru saja dikirim ke BBLK Palembang.

Reporter: Anasril Azwar
Editor: Alfridho Ade Permana