Sejumlah Kegiatan Pariwisata Bakal Digelar Virtual

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan. Foto/Dok: Alfridho AP 

Interaktif News – Sejumlah kegiatan pariwisata di Provinsi Bengkulu yang masuk kedalam Calender of Event nasional bakal digelar secara virtual pada tahun ini. Hal ini guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang saat ini masih melanda. 

" Ini kita lakukan mengingat kondisi saat ini belum memungkinkan untuk dilaksanakan festival secara langsung, karena akan menyebabkan kerumunan yang dapat menyebabkan adanya cluster baru penyebaran Covid-19," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan, Senin (22/2).

Ditambahkan Irsan, untuk ketiga Event pariwisata yang akan digelar secara terbatas diantaranya festival tabut, Festival Bumi Rafflesia dan Festival Pesisir Pantai. Namun pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI guna pelaksanaannya. 

"Jadi untuk teknis pelaksanaannya berbeda dari tahun sebelumnya, event nanti akan digelar secara live streaming dan wisata virtual dengan melibatkan media online dan elektronik untuk kegiatan penyiarannya," tambahnya. 

Sementara, untuk teknis penilaian dari event tersebut pihaknya masih menunggu keputusan Kementerian, apakah tim kurator akan langsung meninjau atau juga menilai dengan konsep yang sama.

" Untuk penilaian, kami masih menunggu keputusan dari Kemenparekraf bagaimana mekanismenya, apa saja yang perlu disiapkan, itu kami masih menunggu intruksi dari pusat," pungkasnya. 

Reporter: Alfridho AP 
Editor: Iman SP Noya