Pembangunan Gedung Praktik SMK N 5 BS Tuai Masalah: Honor Panitia Belum Cair, Peralatan Diduga Hilang

SMK N 5 Bengkulu Selatan

Gedung praktik SMK N 5 Bengkulu Selatan, Foto: Dok/Yon Maryono

Interaktif News – Proyek pembangunan dua unit gedung praktik berikut dengan perlatan dan meublernya di SMK N 5 Bengkulu Selatan menuai masalah lantaran panitia pembangunan gedung hingga saat ini belum menerima imbalan. 

Pihak sekolah tak kunjung mencairkan honor panitia pembangunan gedung sedangkan pekerjaan sudah rampung. 

Masalah yang lain terindikasi ditutupi seperti dugaan hilangnya peralatan dan perlengkapan gedung berupa laptop dan iPad.“Kami tidak pernah tahu berapa dan di mana barang nya” cerita sumber media ini yang enggan disebut nama. 

Sumber media ini juga menyinggung permasalahan hasil panen kebun sawit milik sekolah yang tidak jelas dan permasalahan bendahara BOS yang diserahkan kepada guru SMK lain.

Seperti diketahui, SMK N 5 Bengkulu Selatan menerima dua paket proyek pembangunan gedung untuk Ruang Praktik Siswa (RPS) Teknik Audio Video dan Teknik Sepeda Motor berikut dengan peralatan praktik dan meublernya. 

Pembangunan gedung itu bersumber dari APBD Provinsi Bengkulu Tahun 2020 dengan nilai masing-masing Rp. 918 juta. 

Kepalah sekolah SMK 5 Bengkulu Selatan, Iskandar Muda mengakui belum memberikan honor untuk panitia pembangunan yang tercantum dalam SK. Sedangkan masalah Laptop dan 5 unit iPad  yang diduga hilang iskandar mengaku tidak tahu-menahu.

“Untuk pengadaan motor orang Diknas Provinsi (Diknas Provinsi Bengkulu)” jelas Iskandar saat ditemui di rungannya, Jumat, (25/12/2020) 

Iskandar turut membenarkan bendahara BOS SMK N 5 Bengkulu Selatan memang diserahkan kepada guru di SMK lain. Namun, terkait masalah hasil kebun sawit milik sekolah yang disebut tidak jelas, Iskandar tidak menanggapi. 

Reporter: Yon Maryono