LDII Bengkulu Qurbankan 276 Hewan Kurban, Diantar Langsung ke Rumah Warga

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bengkulu

Ketua DPW LDII Provinsi Bengkulu H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd Turun Langusng Ikut Membagikan Daging Qurban Ke Rumah Warga. Foto/Dok: Alfridho Ade Permana

Interaktif News – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bengkulu mencatat, sebanyak 276 ekor hewan kurban dengan rincian Sapi 153 ekor, kerbau 3 ekor, dan 118 ekor Kambing dikurbankan dalam perayaan  Idul adha 1441 Hijriah. 

Jumlah tersebut merupakan hasil laporan hewan sembelihan di setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) LDII se-provinsi Bengkulu. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini distribusi daging kurban diantarkan langsung ke rumah warga.

Ketua DPW LDII Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd mengatakan, meski di suasana pandemi, pihaknya bersyukur bisa melaksanakan ibadah qurban pada  hari raya idul adha 1441 Hijriah tahun ini.

“Untuk penyembelihan kurban kita laksanakan hari ini secara serentak di seluruh LDII se Provinsi Bengkulu. Untuk hewan kurban sendiri ada yang dari perorangan, ada juga yang melalui patungan,” ujarnya Jumat (31/7/2020).

Ia menambahkan, pihaknya selalu menekankan kepada Jamaah Warga LDII Bengkulu akan keutamaan dan besarnya pahala berkurban. Untuk itu, agar bisa melaksanakan kurban pihaknya juga selalu mengajak warga LDII Bengkulu untuk menabung secara rutin.

“Sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah, Kurban ini adalah sebagai tauladan Nabi Ibrahim AS, dengan kesabaran dan keikhlasannya. Syukur Alhamdulillah, meski pada suasana pandemi Covid-19 Pengurus dan Jamaah Warga LDII di Provinsi Bengkulu tetap bisa melaksanakan kurban dan berbagi,” kata Meri.

Untuk menghindari penyebaran Covid-19, daging hewan kurban yang telah disembelih diantar langsung ke rumah-rumah warga dan dishodaqohkan ke sejumlah masyarakat yang tak mampu dan warga sekitar masjid.

“Momentum Idul Adha ini juga sebagai pelecut warga LDII untuk bisa menambah keimanan kepada ALLAH SWT dan bisa berkontribusi positif di lingkungan masyarakat. menjadi kesempatan untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan, mengingat saat ini sedang adanya pandemi covid-19,”sambung Meri.

Dalam kegiatan penyembelihan kurban sendiri, protokol kesehatan menjadi hal yang menjadi perhatian. Pihaknya pun sudah mengimbau untuk menerapkan protokol kesehatan. Mulai wajib pakai masker, keterbatasan panitia, mencuci tangan sebelum aktivitas penyembelihan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19.

Untuk diketahui, LDII adalah organisasi kemasyarakatan islam yang independen, Resmi dan legal mengikuti ketentuan UU No 17 tahun 2013 tentang organisasi kemsyarakatan. Memiliki AD/ART serta memiliki program kerja dan memiliki pengurus dari tingkat pusat sampai desa yang bergerak dalam bidang dakwah yang berpedoman dengan Al qur’an dan Al Hadist. LDII selalu siap bersama sama pemerintah melaksanakan pembambangunan dan menjaga keutuhan NKRI. 

Reporter: Agus Ansori
Editor: Alfridho Ade Permana