Sidosari Juara Terbaik 1 Desa Tertip Adminduk Tingkat Provinsi

1

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan Piagam Penghargaan kepada Kepala Desa Sido Sari Sumardi. Foto/Dok: Mc

Interaktif News - Kabar gembira bagi Kabupaten Seluma di Hari Ulang Tahun ke-51 Provinsi Bengkulu (18/11) dengan ditetapkannya Desa Sido Sari Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma sebagai Juara Terbaik 1 dalam Lomba Desa dan Kelurahan Kategori Tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) se Provinsi Bengkulu Tahun 2019.

Piagam penghargaan dan hadiah berupa uang pembinaan sebesar 7,5 juta dan Note Book langsung diserahkan oleh Gubernur Bengkulu DR. H. Rohidin Mersyah kepada Kepala Desa Sido Sari Sumardi dalam rangkaian Upacara memperingati HUT Ke-51 Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Bengkulu.

Penyerahan piagam penghargaan sebagai juara Terbaik 1 Desa Tertib Administrasi Kependudukan se Provinsi Bengkulu ini turut disaksikan oleh Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Seluma Hj. Irzani, S.I.P beserta jajarannya.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya sebagai Kepala Daerah karena Desa Sido Sari berhasil meraih Juara Terbaik 1 Desa Tertib Administrasi Kependudukan se Provinsi Bengkulu untuk dua tahun berturut turut setelah pada Tahun 2018 juga meraih penghargaan yang sama.

"Saya selaku Kepala Daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Desa Sidosari dan perangkatnya serta seluruh masyarakat Desa Sido Sari yang telah bekerja sama dengan baik mewujudkan tertib administrasi kependudukan sehingga pada hari ini (18/11/2019) mengharumkan nama Kabupaten Seluma dengan meraih predikat terbaik Desa/Kelurahan Tertib Administrasi Kependudukan se Provinsi Bengkulu", disampaikan Bundra Jaya dengan wajah gembira.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma sekaligus sebagai Ketua Tim Pilot Project Desa Tertib Adminduk Kabupaten Seluma Dewi Ilmiawanti, S.Psi, M.AP menjelaskan bahwa Lomba Desa dan Kelurahan Kategori Tertib Administrasi Kependudukan se Provinsi Bengkulu Tahun 2019 ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Nasional di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil yaitu Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) serta menuju Bengkulu Tertib Administrasi Kependudukan Tahun 2021.

Dewi Ilmiawanti juga menjelaskan Desa Sidosari memiliki keunggulan originalitas inovasi dan mampu menerapkan pemanfaatan data penduduk secara tepat guna dengan inovasi pelayanan Monalisa, Arsip digital dan kartu register yang terintegrasi dengan aplikasi dan rumah penduduk serta 100 persen capaian dokumen kependudukan.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Sidosari menyampaikan ucapan syukurnya karena di Tahun 2019 ini Desa Sidosari kembali meraih Juara Terbaik 1 Desa Tertib Administrasi Kependudukan se Provinsi Bengkulu.

"Mempertahankan predikat terbaik sebagai Desa Tertib Adminduk se Provinsi Bengkulu selama 2 tahun ini membutuhkan komitmen dan kesungguhan dari seluruh Perangkat dan masyarakat Desa Sido Sari serta adanya pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma", jelas Kepala Desa Sido Sari.

"Saya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan pembinaan yang dilakukan oleh Jajaran Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma sehingga Desa Sido Sari terus dapat mengembangkan inovasi-inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan", lanjut Sumardi.

Pembinaan yang dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma dalam rangka tertib adminduk di Kabupaten Seluma mendapat apresiasi dari Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu dengan menetapkan sebagai Juara II Terbaik Tingkat Provinsi Bengkulu dalam melakukan Pembinaan Desa/Kelurahan Tertib Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2019 yang diterima oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma Hj. Irzani, S.I.P.

Pada Tahun 2019 Tim Pilot Project Desa/Kelurahan Tertib Adminduk Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma telah melaksanakan pembinaan di 56 Desa/Kelurahan binaan dan berhasil mengantarkan Desa Sido Sari meraih predikat terbaik 1.

Selanjutnya, pada Tahun 2020 target Desa Pilot Project Tertib Adminduk sebanyak 84 Desa/Kelurahan. (Mc)