Musrembang Desa Gedung Agung, Warga Kompak Usul Pembangunan Jembatan Penghubung

Desa Gedung Agung

Musrembang Desa Gunung agung, kec. Pino, Bengkulu Selatan, Selasa, 12 Januari 2021, Foto: Dok

Interaktif News - Pemerintah desa(Pemdes) Desa Gedung Agung, Kecamatan Pino, Bengkulu Selatan menggelar Musyawarah Pembangunan Desa (Musrembangdes) untuk menampung aspirasi warga dengan harapan pada tahun 2021 bisa diakomodir oleh pemerintah kabupaten maupun provinsi, Selasa (12/01/2021).

Acara yang dihajat di Balai Desa itu dihadiri Kepala desa dan perangkatnya, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Perwakilan dari Dinas PMD Bengkulu Selatan, Tokoh Masyarakat, Pendamping Desa Notawan, Babinkamtibmas Briptu Redho, Aipda Aron Ginting, Babinsa Kecamatan Pino serta segenap warga Desa Gedung Agung.

Kepala desa Gedung Agung, Aprinudin mengatakan, dalam musrembang itu warga kompak mengusulkan pembangunan jembatan penghubung antara desa Gedung Agung dengan desa Tanjung Aur yang dipisahkan Sungai Manna. Jembatan itu putus usai dihantam banjir bandang beberapa waktu lalu. 

"Dari hasil Musrenbangdes, warga sepakat mengusulkan pembangunan Jembatan Penghubung dengan desa Tanjung Aur. Sebelumnya, sudah ada jembatan gantung di daerah itu karena banjir beberapa waktu lalu, jembatan ini kembali putus. Ini putus kedua kalinya" kata Kades. 

Selain itu warga juga mengusulkan peningkatan Embung menjadi sarana eko wisata dan pembangunan siring pasang  di jalan milik provinsi yang melintasi Desa Gedung Agung.

"Desa kami kan ada Embung yang letaknya cukup strategis, untuk itu kami usulkan untuk ditingkatkan menjadi eko wisata yang ada di desa kami ini. Besar harapan kami apa yang diusulkan dapat diakomodir" ujar Kades

Sementara itu, camat Pino Surahman melalui  Kasi PMD, Nengsih menyampaikan, semua aspirasi warga akan ditampung dan akan kembali dibahas saat Musrenbang ditingkat kecamatan. 

"Semua usulan ini akan dijadikan sebagai acuan untuk pembangunan di 2022 mendatang. Nantinya, apa  yang diusulkan ini akan kembali kita bahas di musrembang tingkat kecamatan" kata Nengsih

Musrenbangdes merupakan program dari pemerintah pusat yang digelar setiap tahun yang mana mewajibkan instansi bersangkutan untuk terjun lansung ke masyarakat desa guna menjaring aspirasi mulai dari bawah dengan sekala prioritas.

Reporter: Yon Maryono
Editor: Irfan Arief