Komitmen DPK Ciptakan Fasilitas Khusus Bagi Penyandang Disabilitas

dpk bengkulu

Interaktif News – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu terus memperlihatkan komitmennya dalam meningkatkan inklusivitas pelayanan dengan fokus pada kaum disabilitas yang berkunjung ke DPK Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas DPK Provinsi Bengkulu melalui Kabid Deposit Pengembangan Koleksi dan Pelestarian dan Pelayanan, Wardaniar mengungkapkan upaya mereka dalam memberikan pelayanan yang maksimal untuk kaum disabilitas.

“Bagi penyandang disabilitas, kami diantaranya telah menyediakan kursi roda, tongkat, dan beberapa huruf braille. Hal ini kami lakukan agar pelayanan terhadap disabilitas terus dapat dimaksimalkan,” kata Wardaniar, Rabu (7/2/2024).

dpk

Setidaknya, kata dia, ini menunjukkan perhatian serius terhadap kebutuhan khusus kaum disabilitas dalam mengakses layanan perpustakaan. Selain itu, DPK Provinsi Bengkulu juga telah menyiapkan parkir khusus untuk kaum disabilitas yang berkunjung.

Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa setiap pengunjung, termasuk kaum disabilitas, dapat merasakan kesetaraan dalam menggunakan fasilitas yang disediakan.

“Untuk para penyandang disabilitas yang berkunjung ke DPK Provinsi Bengkulu, kita telah menyiapkan berbagai peralatan khusus yang dibutuhkan oleh mereka,” tambah Wardaniar.

dpk

Upaya ini sejalan dengan semangat inklusivitas dan keadilan dalam pelayanan publik. Dengan begitu DPK Provinsi Bengkulu tidak hanya menjadi pusat informasi melalui buku, tetapi juga menjelma sebagai lembaga yang berkomitmen memberikan akses dan pelayanan yang setara bagi semua lapisan masyarakat, termasuk kaum disabilitas. [Adv]