Aksi Inspiratif di Tengah Wabah Corona

Heri Saputra

Heri Saputra pemuda asal Lebong saat membarikan Masker gratis di Simpang Lima Kota Bengkulu, Poto:Dok/FB @Arie Slyder

Ditengah penyebaran virus corona baru atau Covid-19 di Indonesia bahkan mendunia. Tidak dapat dipungkiri kelangkaan masker sangat dirasakan oleh masyarakat. Ada pula yang mengais keuntungan dengan menjual masker dengan harga yang relatif tinggi, tidak terkecuali di Kota Bengkulu.

Namun, tidak berlaku untuk pemuda Kelahiran Desa Bioa Putih Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong, 22 Januari 1992 ini. Namanya Heri Saputra, oleh rekan-rekannya, nama panggilannya ‘Bebek’.

Jum’at (3/4/2020), Bebek sapaan akrabnya turun kejalan tepatnya di Simpang Lima Ratu Samban Kota Bengkulu. Bukan menggelar aksi demontrasi atau meminta sumbangan. Namun, Bebek bersama teman-temannya turun kejalan untuk membagikan 500 masker yang berbahan kain ke setiap pengendara roda dua maupun roda empat yang berhenti disela-sela lampu merah.

Bebek mengaku masker yang dibagikan Ia jahit sendiri kurang lebih memakan waktu 3 hari. Bebek bukanlah seorang pegawai atau karyawan. Ia hanya seorang pekerja yang memiliki sedikit skill menjahit dan sablon sebagai usaha kecil-kecilannya.

Bebek mengaku, ditengah penyebaran Covid-19 ini, ia tergerak untuk membagikan masker secara gratis ke masyarakat setelah melihat banyaknya keluhan warga sekitar rumahnya mengenai kelangkaan masker, dari sinilah Bebek berinisiasi membuat masker dengan bahan kain.

“Ini suatu bentuk kepedulian terhadap masyarakat, setelah melihat dan mendengar keluhan masyarakat ditengah Covid-19 ini ,”ujar Pemuda yang pernah diamanahkan menjadi Ketua Madyapala UMB ini.

Tidak berhenti sampai disini, Bebek mengatakan saat ini sedang memproduksi yang ditargetkan mencapai 1000 masker dengan bahan kain untuk kembali dibagikan secara gratis ke masyarakat.

“Alhamdulillah, setelah hari ini selesai membagikan 500 masker ke pengendara yang dibantu juga oleh teman-teman, kita lanjutkan lagi produksi masker dengan bahan kain dengan target mencapai 1000 masker untuk nantinya kita bagikan ke masyarakat, untuk produksi kedua ini ada donasi yang masuk dari dosen dan kawan-kawan untuk membeli bahan masker,” ungkap Bebek. 

Penulis: Mahmud Yunus
Editor: Riki Susanto

Artikel ini telah tayang di kontras.co.id dengan judul “Menginspirasi, Pemuda Asal Lebong Ini Bagikan 500 Masker Gratis” serta dapatkan berita menarik lainnya di kontras.co.id, situs berita online yang yang diisi oleh jurnalis-jurnalis muda berpengalaman dengan sajian berita yang menarik dan inspiratif di alamat situs kontras.co.id