Belinda Pritasari Gadis Berdarah Bengkulu yang Cantik dan Smart

Belinda Pritasari

Belinda Pritasari saat mengenakan national custume bertema "Puteri Serindang Bulan" di Kontes Miss Earth 2015 di Vienna Austria, Poto:Dok/[email protected]

Siapa Belinda? Pertayaan itu pertama kali disodorkan ketika sosok bernama lengkap Belinda Pritasari ini nangkring sebagai perwakilan Bengkulu diajang Pemilihan Putri Indonesia (PPI) 2020. Namanya yang sangat kekinian terkesan berbeda jauh dengan nama orang Bengkulu yang kebanyakan mengadopsi nama klasik Indonesia. Ternyata, sosok cantik ini asli berdarah Bengkulu.

Belinda lahir dari seorang Ibu dan ayah yang asli berasal dari Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Ibu Belinda berasal dari Kinal sedangkan Ayahnya asli dari Desa Pelajaran Padang Guci. Walaupun lahir di Jakarta pada 6 Agustus 1994, Belinda kerap menunjukan kecintaanya pada kampung halaman. 

Perempuan berhidung bangir yang juga alumni Kedokteran UI ini sering mengekplore keindahan pariwisata Bengkulu. Belinda nampak berpoto dan nge-vlog di Pantai Panjang, Pualu Tikus, dan Pantai Cuko Kaur. Ia pun tak segan-segan mengabadikan momentum itu di akun Instagram miliknya @belindatirps yang memiliki 10.4K follower. 

Belinda

Belinda di Pantai Pajang Bengkulu, Poto:Dok/[email protected]

Nama Belinda sebenarnya sudah mendunia sejak didaulat sebagai pemenang Miss Earth Indonesia 2015. Belinda mewakili Indonesia pada kontes Miss Earth 2015 yang berlangsung di Vienna, Austria. Diajang itu pula Belinda menunjukan kecintaanya pada Bengkulu. Belinda tampil dengan national costume yang bertema Putri Serindang Bulan (Cerita Rakyat Bengkulu) saat tampil di sesi kompetisi national costume. Belinda sempat tampil apik sesi Swim Suit Competition namun, diajang international itu Belinda belum beruntung. 

Sejak meraih mahkota Miss Earth Indonesia, Belinda banyak terlibat dalam kegiatan lingkungan. Belinda menjadi tamu undangan khusus di acara “CCAI dan Quiksilver Gelar Bali's Big Eco Weekend 2016” yang digelar Coca Cola Amatil Indonesia. Pemilik tinggi 1,70 cm, kulit putih dan rambut berwarna hitam ini juga konsen dengan refrensi tentang lingkungan hidup.  

Dikancah nasional nama gadis yang hobi membaca novel misteri ini tak kalah hebat, segudang prestasi pernah diukir. Sebelum mengikuti Miss Earth Indonesia 2015 Belinda pernah menjadi finalis None Jakarta Timur 2013, juara 1 Putri Bahari Kepulauan Seribu 2014 dan meraih top 5 dan best national costume di Miss APPRC International 2015 di Yogyakarta, dan Peraih skor tertinggi ujian matematika nasional tahun 2012.

Darah juara Belinda memang sudah mengalir sejak dari neneknya Siti Mirzia Nuria Arifin, wakil Indonesia pada kontes Miss Universe 1977, sedangkan tantenya Else Gustiana pernah mewakili Provinsi Bangka Belitung di Puteri Indonesia 2003 dengan meraih Top 10.

Belinda 13

Belinda Pritasari mengenakan Toga, Poto:Dok/[email protected]

Gadis yang pernah mengutip ucapan Bung Karno “Saya menempuh pendidikan setinggi mungkin karena saya tidak hanya ingin mencabut semeru dari akarnya. saya ingin mengguncang dunia-paraphrased from Ir Soekarno’s speech” akan bertarung diajang PPI 2020 mewakili Bengkulu.

Belinda berjanji akan membawa harum nama Bengkulu. Mari doakan, semoga Belinda menjadi perwakilan Bengkulu pertama yang meraih gelar bergengsi itu.  

Penulis: Riki Susanto
Editor: Freddy Watania