Pendamping PKH Harus Punya Keterampilan

1

Foto/Dok: Mc

Interaktif News – Untuk melancarkan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Mukomuko, Dinas Sosial (Dinsos) terus melakukan koordinasi dengan para pendamping PKH yang bertugas di 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Mukomuko yang difokuskan pada upaya meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM).

Lantaran itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Saroni mengimbau kepada seluruh pendamping yang bertugas untuk lebih aktif dalam melatih para warga. Dalam hal ini, ia meminta para pendamping memiliki keterampilan agar dapat ditularkan sehingga menjadi SDM yang memadai.

“Jadi para pendamping harus meningkatkan pengetahuan dan juga pemahaman mengenai pentingnya pendidikan, kesehatan dan pengelolaan keuangan bagi keluarga. Karena itu sudah tugasnya,” jelas Saroni, Selasa (10/3).

Selanjutnya, dalam tujuan awal, PKH memang diturunkan untuk menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat (KPM) dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial. Selain itu juga untuk mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan sosial.

“Maka dari itu peran pendamping untuk menyukseskan program PKH ini sangat besar. Karena program perlindungan sosial seperti ini adalah bagian penting dalam strategi pembangunan. Perlindungan sosial bertujuan mengurangi risiko sosial, meningkatkan kesetaraan dan mengurangi kemiskinan,” demikian Saroni. (Mc)