KPU Provinsi Bengkulu Gelar Bimtek Pencalonan Kepala Daerah Tahun 2020

KPU Provinsi Bengkulu

Foto/Dok: Irfan Arief

Interaktif News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, menggelar pelaksanaan laporan kegiatan Bimbingan Tekhnis Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Provinsi Bengkulu tahun 2020, di Hotel Mercure, Tanah Patah, Kota Bengkulu, Rabu, (29/07/2020).

Pelaksanaan kegiatan Bimtek, dibuka langsung oleh ketua panitia Oktan Huzaery dalam paparannya terkait tekhnis dan metode acara Bimtek pencalonan pilkada serentak. Hal ini mengenai juga syarat pencalonan berdasarkan penetapan Undang Undang tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Adapun maksud dan tujuan bimbingan tekhnis ini, pertama, untuk memberikan pemahaman tentang tahapan pencalonan Pilkada serentak tahun 2020, kedua, membahas kebijakan kebijakan tahapan pencalonan, ketiga, menyamakan persepsi antara KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota serta Bawaslu dan Stage holder terkait yang berkenaan dengan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 di Provinsi Bengkulu.

Pelaksanaan kegiatan Bimtek ini sepenuhnya dibiayai dana hibah pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020 serta pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan full day satu hari penuh..

Diinformasikan juga bahwa Stage holder yang terlibat yang diwakili 2 orang antara lain Polda Bengkulu, Kejati Bengkulu, Pengadilan Tinggi Bengkulu, Kemenag Provinsi Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Satgas Penanganan Covid – 19 dan Lembaga Pemasyarakatan Bengkulu. Kemudian 10 orang perwakilan media Elektronik/cetak maupun online, salah satunya perwakilan dari JMSI Bengkulu.

Dalam undangan partai politik, disebut masing masing mengirimkan utusan 2 orang dari 22 undangan yaitu 11 dari Partai Politik Parlemen yang ada kursinya di DPR. Sehingga total keseluruhan peserta sebanyak 147 orang dan.

Untuk narasumber dari Anggota KPU Provinsi Bengkulu, satu orang dari Anggota Bawaslu dan Sekretariat KPU Provinsi Bengkulu dengan metode kegiatan pemaparan materi dilanjutkan sesi tanya jawab diakhir acara.

Reporter: Irfan Arief
Editor: Alfridho Ade Permana