Dorong Digital University, Telkomsel Teken MoU dengan UMB

Telkomsel Bengkulu

InteraktifNews – Telkomsel Bengkulu tandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) bertempat di Auditorium Gedung Ahmad Dahlan Kampus 4 UMB Kota Bengkulu pada Rabu 15 Mei 2019. 

Nota kerjasama keduabelah pihak ditandatangani oleh Manager Youth and Community Area Sumatera Telkomsel, Agus Sumirat didampingi General Manager Sales Region Sumbagsel Gatot P Utomo sedangkan dari pihak UMB langsung  ditandatangani Rektor UMB Dr Sakroni, M.Pd.

Dalam kerjasama itu, pihak Telkomsel ingin mendorong terwujudnya digital university di wilayah Provinsi Bengkulu dengan menyediakan Platform Aplikasi KINDI (Solusi Digital Kebutuhan Organisasi Terintegrasi) for Education. 

Paltform itu bisa diterapkan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat seperti KKN serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. 

Menurut General Manager Youth and Community Area Sumatera Telkomsel, Agus Sumirat kerjasama itu adalah bentuk komitmen Telkomsel untuk terlibat aktif pada pembangunan ekosistem digital di dunia pendidikan. 

“Salah satunya dengan adanya aplikasi SIMANIS (Sistem Manajemen Informasi Kampus) dengan KINDI sebagai basis platform. Dalam aplikasi ini mahasiswa dan jajaran manajemen UMB akan lebih mudah mengakses seluruh informasi kampus” kata Agus

Bukan hanya itu, SIMANIS juga akan menghadirkan fitur absensi dengan pemanfaatan geotagging serta sistem monitoring KKN. Lebih lanjut Agus menjelaskan, karena 99% dosen,karyawan maupun mahasiswa telah menggunakan internet untuk menunjang kebutuhan interaksi sosial. 

“Kerjasama ini hadir berlandaskan semangat “Value For Nation” dari Telkomsel Area Sumatera. Apa yang kami hadirkan dan terapkan di UMB merupakan bagian dari CSR perusahaan” demikian ujar Agus. 

Rektor UMB, Dr Sakroni, M.Pd, meyampaikan apresiasinya kepada pihak Telkomsel yang bersedia bekerjasama mewujudkan UMB sebagai Digital University di Indonesia. Ia juga menyampaikan jumlah mahasiswa, dosen serta karyawan di UMB sudah mencapai 10 ribuan.  

Tahun ini UMB juga dipercaya menjadi tuan rumah KKN kampus Muhammadiyah dari seluruh Indonesia yang berjumlah 700 orang dari luar provinsi Bengkulu dan ditambah 1.500 lebih mahasiswa dari UMB”

“Ini menjadi peluang besar bagi Telkomsel untuk mengembangkan layanannya. Kerjasama ini semoga dapat menunjang perkembangan kedua pihak sehingga dapat dijadikan media partner untuk menjawab tantangan global khususnya di dunia pendidikan ,” ujar Sakroni

Kontributor: Abdurrahman Wachid
Editor: Alfridho Ade Permana