Hujan Deras, Jembatan Air Nipis Ambruk

Jembatan Air Nipis Seginim

Kondisi Jembatan Air Nipis Desa Palak Bengkerung Kecamtan Air Nipis Bengkulu Selatan usai diterjang Banjir, Poto: Usmady Dianto

Interaktif News – Hujan deras terus menerus sejak Senin malam (02/12/2019) menyebabkan Jembatan Air Nipis di Desa Palak Bengkerung yang menghubungkan Desa Suka Negeri-Palak Bengkerung Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan ambruk.

"Kejadiannya sekitar pukul 23.30 WIB, Senin malam" ujar Indarmen, Tokoh Masyarakat  Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis kepada Bengkuluinteraktif.com, Selasa (03/12/2019).

Indarmen mengatakan, melihat kondisi ambruknya rangka baja jembatan Air Nipis sepanjang kurang lebih 81 ini, dirinya berpendapat diduga akibat kesalahan teknis.

“Untuk tahap awal melihat kondisi hanyutnya (ambruknya) rangka baja jembatan Air Nipis ini, saya berpendapat faktornya adalah kesalahan teknis dalam pemasangan rangka baja. Secara umum pekerjaan ini banyak yang menyalahi sepesifikasi teknis. saya minta agar kejadian ambruknya rangka baja jembatan Air Nipis ini untuk di periksa menyeluruh, dari mulai perencanaan sampai ke pelaksanaa pekerjaan. baru nanti kita bisa menentukan itu bencana alam atau kelalaian dalam pelaksanaan pekerjaan,” katanya

Sementara itu, disampaikan Plt Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bengkulu Selatan, Nuzmanto Aidil, ST atas kejadian itu pihaknya telah berkoordinasi dengan PUPR Provinsi Bengkulu.

“Ini ambruk setengahnya, hujan deras merupakan penyebab utama. Tapi kami telah koordinasi dengan pihak PUPR Provinsi untuk secepatnya di tindak lanjuti,” terang Nuzmanto, dikutip harianrakyatbengkulu.com, Senin, (02/12/2019)

Untuk Diketahui, Jembatan Palak Bengkerung (Air Nipis) tersebut masih dalam proses pengerjaan oleh PT Gading Utama dengan nilai pagu paket Rp. Rp 14.864.680.000,00 yang bersumber dari APBD Provinsi Bengkulu Tahun 2019. 

Reporter: Usmadi Dianto
Editor : Iman SP Noya