Bupati Hijazi Panen Raya di Talang Benih

Bupati Rejang Lebong, Dr. H. Ahmad Hijazi SH.M,Si

Foto/Dok

Interaktif News - Bupati Rejang Lebong, Dr. H. Ahmad Hijazi SH.M,Si melakukan panen raya padi dihamparan sawah Kelurahan Talang Benih, kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Selasa (14/04/2020). 

Acara panen raya ini juga dihadiri sejumlah pejabat, diantaranya Kabid Tanaman Pangan  Dinas Pertanian (Dispertan) Provinsi Bengkulu,Sri Herlin Despita, Asisten III Pemkab Rejang Lebong Zulkarnain, Rektor Universitas Pat Petulai (UPP) Alnopri, serta para penyuluh.

Bupati Hijazi mengatakan bahwa para petani di Kabupaten Rejang Lebong sudah bertahap melaksanakan panen dan akan berlangsung beberapa bulan kedepan, hasilnya diperkirakan akan mencukupi hingga 5 bulan.

“Panen raya yang dilakukan pada lahan seluas 1.276 hektar, masih ada sisanya seluas 5.500 hektar dan akan berlangsung sampai beberapa bulan kedepan, sedangkan untuk jagung yang saat ini sedang dipanen berada dilahan seluas 317 hektar, dan masih ada sisanya sekitar 1.200 hektar akan dipanen beberapa bulan lagi,” ujar Bupati.

Ditambahkan Hijazi, Pemerintah kabupaten Rejang Lebong akan mengusulkan pada Kemenhut dan Kementrian LH RI, terkait pemanfaatan lahan milik TNKS di Dataran Tik Wilayah Kecamatan Bermani Ulu Raya. Usulan tersebut untuk penambahan penanaman jagung seluas 1.000 hektar dan penanaman padi seluas 3.000 hektar. Hal itu dimaksudkan sebagai antisipasi menjaga pasokan pangan pasca merebaknya Covid-19.

“Saat terjadinya panen raya, diharapkan para petani untuk tidak menjual gabahnya sekaligus, guna menghindari anjloknya harga gabah,” sampai Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian (Kadispertan) Rejang Lebong, Suherman mengatakan, produksi gabah pada lahan seluas 250 hektar diperkirakan akan menghasilkan 250.000 ton gabah. Sedangkan tanaman jagung dilahan selus 317 hektar akan menghasilkan 317.000 ton.

Pantauan dilokasi, Disela panen raya Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi juga melakukan Video conference dengan Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo dalam rangka untuk melaporkan kondisi terkini di bidang pertanian terutama panen raya yang sedang berlangsung di 332 titik di Indonesia. 

Dalam video conference tersebut, Bupati melaporkan data potensi pertanian Kabupaten Rejang Lebong saat ini meliputi luas sawah, dan luas panen padi serta jagung dalam rangka menghadapi dampak ekonomi akibat wabah Covid-19 yang melanda dunia saat ini. (Reffy)

Editor: Alfridho Ade Permana