Aster Kasdam Brawijaya Minta Banser Perkuat Persatuan

1

Foto/Dok: Kodam V/Brawijaya

Interaktif News - Asisten Teritorial Kasdam V/Brawijaya, Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto, S. I. P, M. M, menghimbau ratusan anggota Ormas Banser agar mampu menjadi pelopor Persatuan dan Kesatuan.

Hal itu, dikatakan oleh almamater Akademi Militer tahun 1997 ketika menghadiri pelaksanaan kursus Banser Pimpinan dari berbagai Provinsi di Taman Candra Wilwatikta, Desa Gedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Rabu, 27 Februari 2020.

Melalui acara yang Susbanser Angkatan V yang bertajuk Strategi Pertahanan Nasional Dalam Menjaga NKRI di Tengah Ancaman Global itu, dirinya menyebut jika era globalisasi yang terjadi seperti saat ini, mampu melahirkan berbagai dampak di masyarakat.

“Perkembangan itu, melahirkan aliran Globalism. Aliran itu, lebih kuat daripada Nasionalisme,” ungkap Singgih.

Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia nomor 3, tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, menyebutkan jika komponen masyarakat, memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung pertahanan negara.

“Oleh sebab itu, diperlukan sinergitas antara Pemerintah, TNI, Polri dan komponen masyarakat, termasuk Banser,” jelas mantan Dandim Tarakan ini.

Ia berharap, keberadaan Susbanpim kali ini, mampu menjadikan Banser sebagai salah satu komponen masyarakat yang mampu meningkatkan Persatuan dan Kesatuan dengan komponen masyarakat lainnya.

“Fungsi utama dan tugas Banser, sangat relevan dengan visi dan misi TNI. Maka, kolaborasi antara TNI dan Banser, sangat diperlukan demi tercapainya cita-cita nasional, khususnya meningkatkan Persatuan sesama komponen bangsa,” tegasnya.

Siaran Pers : Pusat Pemberitaan Kodam V/Brawijaya