Kopi AME dan BUNDA QQ, Cita Rasa Kopi Petik Merah

Kopi Ame

Kopi AME dan Kopi Bunda QQ, Poto:Dok

Interaktif News - Cita rasa Kopi Bengkulu tak perlu diragukan lagi selain memiliki cita rasa khas dan membuat rindu di lidah, kopi Bengkulu juga pernah menyabet penghargaan dalam kejuaraan kopi internasional yang digelar Agency for the Valorization of the Agricultural Products (AVPA) sebuah organisasi dari Prancis.

Seiring dengan itu, kopi Bengkulu terus bergeliat mulai dari hulu seperti peningkatan pruduktifitas petani kopi hingga industri hilir seperti olahan kopi dan kedai-kedai kopi yang kian digandrungi banyak orang. Kopi memang telah bertarnsormasi menjadi salah satu minuman wajib sehingga  tak heran jika kini banyak pelaku usaha kopi menawarkan berbagai macam produknya.

Terbaru, produk olahan kopi lokal Bengkulu telah hadir di tengah-tengah masyarakat dan bersiap Go Nasional. Olahan kopi tradisonal dengan tangan ini diproduksi oleh UMKKM Desa Air Pesi, Kabupaten Kepahiang dan mengangkat nama brand KOPI AME dan Kopi BUNDA QQ Petik Merah.

Mengandalkan 100 persen kopi jenis robusta, Kopi AME dan Kopi BUNDA QQ juga memiliki keunikan tersendiri karena kopi dipilih dari kopi yang sudah benar-benar matang, petik merah. 

Susanto Ahmad mengatakan, walaupun biji kopi robusta punya rasa yang cukup seragam di masing-masing jenisnya tapi ada juga kopi robusta yang berasal dari daerah origin berbeda akan memiliki rasa yang berbeda.

Rasa kopi dipengaruhi oleh lokasi penanaman dan cara roasting serta penyeduhan yang dilakukan. Khususnya pada teknik roasting dan penyeduhan untuk mengeluarkan rasa khusus dari biji kopi tersebut.

“Tergantung roastery yang menggunakan berbagai teknik untuk mengeluarkan cita rasa berbeda. Misalnya, biji yang sama-sama dari Malabar tapi diproses di roastery berbeda. Rasanya mungkin bisa jadi berbeda pula”

Selain diolah dari bahan kualitas tinggi, kopi AME dan BUNDA QQ juga mendesain kemasan kuntuk menarik kebutuhan pasar. Desain kemasan itu diperoleh dari hasil penelitaian yang mana dari sekian banyak pertanyaan yang ada, desain kemasan menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas kopi.

"Apakah produk kita sudah menarik perhatian atau belum. Indikator kemasan yang baik adalah yang menarik perhatian," ujarnya.

Produk rumahan ini telah  meyediakan Varian cita rasa, robusta pelangi dan robusta premium. Bagi pecinta kopis yang berminat merasakan cita rasa kopi AME dan BUNDa QQ bisa  langsung pesan melalui smabungan telpon/WA 0853-6924-2003 - 0896-2969-1596, Instagram @kopi_bundaqq dan  Facebook @BundaQQ

Sekilas Kopi Kepahiang-Bengkulu

Karakteristik kopi Kepahiang asli sangat khas, oleh karena itu kopi jenis ini bisa menjadi salah satu kopi terbaik yang dimiliki Indonesia. Dimulai dari bentuk, jenis kopi Bengkulu-Kepahiang asli memiliki warna cokelat tua dengan bentuk biji yang tidak beraturan sehingga kamu pasti akan mudah mengenali biji kopi jenis ini bila disejajarkan dengan biji kopi lain. Selain itu, yang unik dari kopi Kepahiang asli adalah rasanya yang tidak terlalu pahit.

Kopi ini memiliki rasa fruity dan after taste atau rasa setelah dikonsumsi yang tidak terlalu pahit. Sehingga hal tersebut menjadikan kopi ini berbeda dari varian kopi Indonesia lainnya. Tidak hanya itu, kopi Kepahiang asli juga memiliki aroma yang sangat khas dan harum bahkan saat kamu baru membuka kemasannya. Hal ini disebabkan oleh tanaman kopi Kepahiang yang ditanam berdampingan dengan tanaman rempah sehingga menghasilkan aroma yang sangat harum dan nikmat.

Untuk mendapatkan biji yang benar-benar matang dan memiliki warna merah tua yang siap untuk dipanen, kopi ini diolah dengan metode giling basah atau wet-hull method. Setelah itu, kopi disangrai dan akan disimpan selama beberapa hari untuk mengeluarkan kualitas terbaiknya. Setelah melewati beberapa proses tersebut, biji kopi baru dihaluskan dan diolah menjadi kopi yang diinginkan konsumen. Kopi Kepahiang dapat dinikmati dengan cara apapun sesuai dengan selera.

Reporter: Anasril Azwar
Editor: Alfridho Ade Permana