Yedi Kustanto, Sang Wartawan untuk Wakil Rakyat Seluma

Yedi Kustanto

Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma, Yedi Kustanto, Foto: Dok

Interaktif News - Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk DPRD Seluma untuk gelaran Pemilu 2024 diramaikan oleh pendaftar dengan berbagai macam latar belakang profesi, salah satunya Yedi Kustanto Bacaleg dari PPP. Ia berlatar belakang sebagai wartawan yang selama ini sudah malang-melintang menggeluti dunia jurnalistik.

Selain berprofesi sebagai wartawan, Yedi juga aktif dalam organisasi pers. Ia saat ini menjabat Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma periode 2019-2024 dan tercatat sebagai pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Seluma. Namun, jauh sebelum itu, Yedi telah menitih karir kewartawanan dari bawah. Sempat tercatat sebagai wartawan di Jawa Pos Group hingga akhirnya didaulat memimpin media siber Garudadaily.com.

Kini Yedi memantapkan diri untuk maju bertarung merebut kursi DPRD Seluma. Ia tercatat sebagai salah seorang Bacaleg untuk Dapil I Seluma yang meliputi Kecamatan Seluma, Kecamatan Seluma Barat, Kecamatan Seluma Utara, Kecamatan Seluma Selatan dan Kecamatan Seluma Timur.

Pria yang akrab dengan kalangan milenial ini memasang tagline berbahasa daerah "Begadu Secukup o, Bekerjo Selitak o" yang sepadan maknanya dalam bahasa Indonesia “Beristirahat Secukupnya, Bekerja Semaksimal Mungkin.” Sebuah tagline yang tidak hanya bernarasi kearifan lokal namun penuh makna yang universal. Tagline itu adalah wujud totalitas Yedi dalam mendukung visi Seluma Alap.

"Dengan dukungan Keluarga, dorongan dari kelurga besar JMSI serta kawan-kawan jurnalis dan teman-teman dekat, Bismillah saya menyatakan untuk maju bertarung pada Pileg 2024. Mohon doa dan dukungannya. Mari kita Begadu Secukup o, Bekerjo Selitak o” Kata Yedi usai mendampingi partainya mendaftar di KPU Seluma, Jum'at, (12/05/23).

Dia berharap selain insan pers, generasi muda juga diberikan kesempatan maju ke ranah politik. Pemuda adalah kawah candradimuka peradaban bangsa, pemuda dalam lintasan sejarahnya adalah elemen penting dalam menentukan arah pembangunan suatu daerah. Bung Karno kata Yedi pernah berkata, beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncang dunia.

"Saya tidak hanya merepresentasikan diri sebagai wakil dari insan pers tapi sekaligus mewakili generasi muda. Kita anak muda tidak boleh antipolitik tapi mari kita jadikan ruang politik sebagai wadah untuk pengabdian kepada rakyat, ruang untuk berdinamika membangun daerah" ujar Yedi.

Lebih jauh sosok yang kerap membidani kreatifitas anak muda Seluma ini mengatakan, SDM di Kabupaten Seluma sangat mumpuni, salah satunya potensi kreatifitas kepemudaan. Pemkab Seluma selama ini telah memberikan ruang bagi kaum muda berekpresi di sektor budaya, sosial, adat istiadat serta kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Namun butuh dorongan yang lebih sistematis dari legislatif agar upaya ini berjalan maksimal.

"Pembangunan, kesejahteraan masyarakat ini selalu yang menjadi dasar kita. Jika saya dipercaya oleh masyarakat sebagai perwakilan di kursi legislatif, saya juga bertekad untuk menciptakan wadah bagi para pemuda dan pemudi Kabupaten Seluma untuk menyalurkan hobi," sampai Yedi.

Berbekal pengalaman sebagai wartawan yang lekat dengan masyarakat, Yedi Kustanto menyakini dengan terjun langsung dalam kontestasi politik maka peran untuk memperjuangkan aspirasi rakyat akan semakin maksimal. Sejauh ini melalui wadah JMSI, Pemuda ALAP dan komunitas-komunitas lain ia telah banyak memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah.

“Melalui organisasi kewartawanan dan kepemudaan Insyallah kami telah banyak melakukan kontribusi namun kita selalui butuh aktualisasi gerakan salah satunya dengan terlibat langsung dalam sistem. Maju sebagai calon wakil rakyat adalah salah satu wadah untuk meningkatkan peran untuk terus mengabdi pada rakyat” kata Yedi.

Yedi merupakan putra asli Kabupaten Seluma kelahiran Talang Saling, 9 Maret 1989. Mempersunting perempuan cantik pilihannya Werti Nengsih 10 tahun silam, Yedi telah dikarunia 2 orang anak. Putra pertama bernama Arshka Virendra Saf'wan dan anak bungsu perempuan Cantika Laura.

Reporter: Deni Aliansyah Putra