Tahun Ini Pantai Panjang Dibangun Menara Pandang, Yuk Intip Desainnya

Pantai Panjang Bengkulu

Master Plan pembangunan fasilitas Pantai Panjang Bengkulu, Poto dok/mediacentre Pemprov Bengkulu

Interaktif News –  Tim dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bengkulu Kementrian PUPR baru saja menggelar ekspose rencana pengembangan kawasan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu dihadapan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah kemaren 12 Juni 2019.

Kementrian PUPR pada tahun 2019 ini akan membangun beberapa fasilitas pendukung kawasan wisata pantai Panjang. Adapun fasilitas yang kan dibangun berupa Menara Pandang seperti yang ada di Pantai Berkas namun desain dan konspenya lebih menarik. 

Selain itu Kementrian PUPR juga akan menambah bangunan Gazebo, Taman, dan kios pedagang. Proyek ini nantinya akan dikerjakan tahun 2019 dengan alokasi anggaran mencapai 10,1 miliar. Pembangunan dengan panjang mencapai 250 meter itu nantinya akan dipusatkan di kawasan Pasir Putih.

Dalam master plan, pembangunan Menara Pandang akan dilengkapi dengan  gazebo yang bergaya minimlis dengan warna bangunan didominasi warna crem yang dipadukan dengan warna putih. Pada master plan tinggi bangunan sekira 2 meter diatas tanah dilengkapi dengan pagar pembatas terbuat dari besi. 

Tidak hanya itu, Kementrian PUPR akan mempercantik fasilitas dengan dua bangunan tiang gerbang yang mirip piramida denga tulisan “Pantai Panjang”

Pantai Panjang

Gubernur Rohidin Mersyah saat menerima perwakilan Kementrian PUPR, Rabu 12 Juni 2019

Pada pertemuan itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan dukungan penuh dan siap memfasilitasi proyek Kementrian PUPR. Namun, Gubernur meminta agar master plan pengembangan dan pengelolaan pantai panjang harus direview titik nol kawasan pasir putih hingga sungai hitam.

Gubernur mengingtkan agar pembangunan nantinya tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan fungsi bangunan yang ada sehingga optimal untuk pengembangan pariwisata.

Reporter: Alfridho Ade Permana 
Editor: Riki Susanto