Serunya Berwisata ke Pusat Latihan Gajah Seblat

Gajah Seblat Bengkulu Utara

Pengunjung Menaiki Gajah bersama Pawang keliling Kawasan PLG, Sabtu (8/6/2019).

Bengkulu Utara, BI –  Pusat Konservasi dan pelatihan Gajah tidak hanya ada di Way Kambas Provinsi Lampung, Sebokor di Sumatera Selatan, Lhokseumawe di Aceh, dan Sebangau di Riau. Namun juga ada di Provinsi Bengkulu, tepatnya di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Seblat Desa Sukabaru Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

Ratusan pengunjung memadati lokasi wisata Alam Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat untuk menikmati wisata alam dan berinteraksi langsung dengan Gajah Sumatera (Elephas maximus Sumatranus). "Berwisata di PLG Seblat sudah jadi tempat favorit keluarga kami untuk dikunjungi saat libur Lebaran, karena bisa naik gajah," kata Hendra , wisatawan lokal, Sabtu (8/6/2019).

Dirinya mengatakan, disetiap tahun dalam menyambut libur lebaran maupun libur sekolah ia bersama keluarga besarnya selalu menyempatkan berwisata ke lokasi penangkaran Gajah Seblat ini, yang lokasinya tidak jauh dari desa mereka yang berada di Kecamatan Air Rami.

Ini juga diungkapkan Lesia (27) salah satu pengunjung setia, ia mengatakan tempat wisata Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat merupakan salah satu tempat wisata yang wajib di kunjunginya saat libur lebaran tiba. “Kami di setiap tahunnya selalu meyempatkan kesini kalau tidak mudik, disini tempatnya lumayan bagus, lahan bermainnya luas untuk anak-anak, selain bisa naik gajah kami juga bisa naik Ketek (Perahu Kecil) mengelilingi sungai Air Seblat”.ungkapnya.

Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Bengkulu dibuka  pada bulan Oktober 1992 melalui SK Menhut No. 658/Kpts-ll/1995 tanggal 8 Desember 1995, memiliki luas sekitar 6800 hektar, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Selain sebagai kawasan konservasi bagi sekitar 200 ekor gajah liar sumatra, PLG Seblat juga merupakan habitat bagi beberapa flora dan fauna langka khas Pulau Sumatra.

Di kawasan Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat, pengunjung juga disuguhi dengan berbagai jenis atraksi gajah yang cukup memukau. Di tangan para pelatih yang sudah berpengalaman.

Akses menuju kawasan PLG Seblat tidak terlalu sulit untuk di jangkau dari arah Kota Bengkulu, pengunjung dapat meluncur ke arah Air Muring, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum (bus), dengan jarak tempuh sekitar 150 km.

Setelah sampai di Air Muring, terdapat 3 jalur yang dapat dipilih untuk sampai di kawasan PLG Seblat, yaitu: melewati PT. Agricinal dengan jarak tempuh sekitar 20 km, atau memakan waktu sekitar 1 jam. melewati Seblat (samping Kantor Kecamatan Putri Hijau) Blok C, Suka Baru, PLG Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 15 km. Melewati desa Air Muring, Suka Merindu, Suka Baru, PLG Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 17 km.

Nah sobat..... Kawasan Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat merupakan pilihan referensi liburan yang wajib untuk dikunjungi..........

Reporter : A Wahid
Editor : Alfridho Ade P