PSI Dukung 5 Bacalon di Pilkada Bengkulu, Berikut Daftarnya

PSI

Sekretaris DPW PSI Bengkulu Muharam Effendi (kanan) bersama Giring Ganesa (kiri) Capres PSI 2024, Poto:Dok

Interakti News - Tak medapat satupun kursi hasil pemilu 2019 lalu tak mengurangi langkah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk terus menguatkan brand-nya sebagai wadah partisipasi politik bagi kaum muda.

Partai yang digawangi mantan news anchor Grace Natalie ini terus mengepakan sayap untuk ikut andil memperjuangan misi-misi pemberdayaan kaum muda dengan cara menyatakan dukungan kepada bakal-bakal calon kepala daerah yang akan bertarung di pilkada serentak 2020. 

Dikatakan Muharam Effendi, Sekretaris DPW PSI Bengkulu, walaupun berstatus non parlemen di Bengkulu, PSI terus melakukan konsolidasi politik baik pembenahan internal maupun aplikasi program-program partai seperti dukungan ke bakal calon kepala daerah. 

“Kalau kita melihat angka perolehan pemilu lalu, PSI memang tidak mendudukan satu pun wakilnya di DPRD baik kabupaten/kota, provinsi dan nasional tapi angka perolehan suara kita cukup signifikan sebagai partai pendatang baru” katanya 

Dari data pemilu 2019, PSI di Bengkulu mampu mendulang 17.759 perolehan suara partai atau 1,8 persen dengan urutan ke 11 dari 16 partai peserta pemilu. Perolehan suara PSI bahkan mampu mengalahkan partai-partai yang notabene sudah lama berkiprah. 

“Angka-angka itu cukup menunjukan bahwa PSI memiliki pemilih yang signifikan, kita bukan partai urutan paling buncit, masih ada 4 parpol lain yang angka perolehannya dibawah kita. Basis komunitas yang dimiliki PSI cukup solid untuk diandalkan pada pilkada serentak 2020” ujarnya

Terkait arah dukungan ke bakal calon kepala daerah yang akan bertarung di Bengkulu, Muharam merujuk pada dasar perjuangan dan nilai-nilai politik yang dianut PSI seperti komitmen kepada pemberdayaan kaum milenial dan yang sejalan azas dan misi partai. 

“Saat ini kita sudah mengeluarkan 5 rekomendasi dukungan ke bakal calon. Salah satunya mendukung Rohidin Mersyah untuk pilgub, beliau memiliki visi yang sama dengan kami, komitmen untuk melibatkan kaum muda dalam pembangunan. Saya pikir ini sinyal yang baik untuk teman-teman muda, disaat yang lain belum move on dengan visi masa lalu, Pak Rohidin sudah berbicara peran serta anak muda” katanya

Selanjutnya tambah Muharam, PSI juga sudah bersepakat untuk mengajukan Giring Ganesa (Giring Nidj) sebagai bakal calon presiden di pilpres mendatang. 

“Kita berbicara kaum muda tidak hanya pada tataran lokal tapi di nasional juga kita terus berperan, salah satunya mengajukan Giring Nidji untuk capres. Ini komitmen kami sebagai corong bagi kaum muda” kata Muharam

Berikut daftar dukungan PSI untuk Pilkada Serentak 2020 di Bengkulu

Pilgub Bengkulu: Rohidin Mersyah-Rosjonsyah
Pilbu Bengkulu Selatan: Gusnan Mulyadi –Rifai
Pilbu Rejang Lebong: M Faisal-Fatolazi
Pilbup Seluma: Edison Simbolon-Khairi Yulian
Pilbup Lebong: Teguh Raharjo-Nasirwan

Reporter: Irfan Arief
Editor: Iman SP Noya