Lepas Prosesi Tabut Tebuang, Plt Gub : Festival Tabut Nantinya Menjadi Event Nasional

Plt Gubernur melepas secara resmi prosesi Tabut Tebuang


Bengkuluinteraktif.com - Berakhirnya rangkaian Festival Tabut 2017 mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Berakhirnya fesitival budaya tahunan yang ditandai dengan prosesi “Tabut Tebuang” ini, dibanjiri puluhan ribu pengunjung dari berbagai daerah. Para pengunjung memadati sepanjang jalan wilayah Pintu Batu hingga jalan Kinibalu Kota Bengkulu.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, optimaslisasi terhadap potensi wisata, khususnya wisata budaya hingga saat ini terus dilakukan. Dengan demikian, maka potensi budaya itu akan semakin muncul ke permukaan. 

“Salah satunya Festival Tabut ini yang akan kita kemas sedemikian rupa, antusias masyarakatnya juga semakin besar sehingga nantinya bisa menjadi event yang bertaraf nasional bahkan internasional,” jelas Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai melepas prosesi tabut Tebuang, di Balai Raya Semarak Bengkulu, Sabtu (30/09).

Ditambahkan Rohidin Mersyah, beberapa agenda lainnya yang telah dibuat dan disepakati masuk dalam Kalender Of Event Kementerian Pariwisata, saat ini juga telah dilakukan beberapa persiapan. Promosi secara masif dan sistematis juga dilakukan terhadap beberapa event tersebut, seperti Mountain Falley Vestifal di Kabupaten Kepahiang dan Lake and Rivers Festiva di Kabupaten Lebong.

“Selain Festival Tabut, kita juga menyiapkan 4 festival lainnya yang saat ini telah masuk dalam Kalender Of Event Kementerian Pariwisata. Kita tidak hanya fokus pada optimalisasi wisata dan budayanya, tetapi juga optimalisasi dalam hal promosi,” terang Rohidin Mersyah.

Rangkain Festival Tabut Bengkulu 2017 menurut pihak panitia penyelenggara Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) Bengkulu, tidak hanya diikuti oleh pihak KKT saja, namun juga diikuti oleh seluruh kabupaten-kota Se-Provinsi Bengkulu.

“Untuk peserta seperti biasa diikuti oleh 17 Tabut Sakral dan 16 Tabut Pembangunan atau Tabut Budaya. Tapi ada yang berbeda di tahun ini, yaitu munculnya nuansa Kain Besurek dan dari kabupaten-kota juga mengirimkan perwakilannya dalam pembuatan bangunan Tabut,” papar Ketua Panitia Tabut 2017 Junaidi Zul.

Selain melepas prosesi Tabut Tebuang, didampingi Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung, Danrem 041 Gamas Bengkulu Kolonel Inf Agung Pambudi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Elfi Hamidi dan Ketua KKT Bengkulu Syafril Syahbuddin, Plt Gubernur Bengkulu juga mengikuti jalannya arak-arakan Tabut Tebuang, mulai dari Balai Semarak Raya Bengkulu Hingga ke Pintu Gerbang Padang Karbela, Jalan Kinibalu Kota Bengkulu, menempuh jarak 4,5 km dengan berjalan kaki. (ADV/Rian-Media Center Pemprov Bengkulu)