Lewat Pendap, Pemkab Bengkulu Selatan Ukir Prestasi di Ajang API Award 2021

Pendap

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi saat menerima penghargaan di ajang API Award 2021, Foto: Dok

Interaktif News – Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan mengukir prestasi berskala nasional dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 yang digelar di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (20/05/2021). Pemkab Bengkulu Selatan meraih juara kedua lewat masakan tradisonalnya “Pendap” untuk katagori Makanan Tradisional Populer. 

Malam puncak penganugerahan itu dihadiri langsung Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, Ketua TP-PKK Kabupaten BS, Nurmalena Gusnan, dan Kepala Dinas Pariwisata BS, Yulian Fauzi. Saat menerima penghargaan Gusnan Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bengkulu Selatan atas penghargaan tersebut. 

Penghargaan itu kata Bupati Gusnan merupakan prestasi seluruh masyarakat Bengkulu Selatan. “Saya berharap kedepan masakan tradisional kita ini lebih di kenal di kanca nasional dan internasional, amin” kata Gusnan

Untuk diketahui, ajang API Award 2021 diikuti oleh 34 Provinsi dan 140 Kabupaten/Kota yang terwakili dalam 180 nominasi pada 18 kategori yang ada. Pendap dari bengkulu Selatan berhasil masuk dalam urutan kedua dari 3 besar Kategori Makanan Tradisional Terpopuler se-Indonesia.  

Tahun 2019 lalu, Pendap juga berhasil mengharumkan nama Provinsi Bengkulu lewat ajang Festival Kuliner Khas Nusantara VI dalam rangka HUT Taman Mini Indonesia Indah 2019. Pendap meraih juara umum setelah mengungguli kuliner lain dari berbagai daerah Indonesia.

Pendap atau yang biasa disebut ikan pais merupakan masakan khas Bengkulu yang sudah meng-Indonesia. Pendap berbahan dasar ikan ini sebetulnya mirip pepes atau pais ikan yang lebih akrab di telinga kita. Bedanya, jika pepes umumnya dibungkus daun pisang maka pendap menggunakan daun talas sebagai pembungkus. 

Cara membuatnya pun cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan bumbu rempah yang telah dihaluskan, seperti asam kandis, kunyit, ketumbar, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, garam, sedikit gula, dan cabai. Bumbu halus ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda.

Setelah tercampur baik, letakkanlah bumbu ini di atas daun talas. Selanjutnya susun daging ikan yang telah dipisahkan dari durinya di atas daun talas yang telah bertabur bumbu. Jika daging ikan sudah diletakkan di atas adonan bumbu rempah, bungkuslah dengan daun talas berlapis-lapis. Setelah itu, bungkus dengan daun pisang lalu dikukus. [Adv]

Reporter: Yon Maryono