Update Covid-19 Bengkulu per 5 April 2020: Dari Meninggal Hingga Dinyatakan Sehat

Herwan Antoni

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni saat memberi keterangan pers, di Posko Covid-19 Bengkulu, Minggu, 5 April 2020, Poto:Dok

Interaktif News – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni Minggu sore, (05/04/2020) meng-update data perkembangan Covid-19 di wilayah Bengkulu.

Dalam keteranganya Herwan menyampaikan, terjadi penambahan ODP sebanyak 79 orang dan PDP 2 orang dengan demikian total penambahan kasus menjadi 81 Orang. Dengan rincian total ODP menjadi 446 orang dan total PDP menjadi 12 orang. 

Dari 446 orang total ODP, 148 orang  diantaranya telah dinyatakan sehat atau selesai dalam pemantauan dan 296 orang masih dalam pemantauan itensif.

Sedangkan dari tota 12 orang PDP, rincianya adalah 2 orang hasil konfirmasi hari ini (05/04/2020), 2 orang telah dinyatakan sehat, 4 orang dinyatakan meninggal, dan 4 orang lainnya masih dalam pengawasan.

Adapun 4 orang PDP yang masih dalam pengawasan saat ini masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di bengkulu dengan rincian 2 orang di di RSUD M Yunus, 1 orang di RSUD Hasanudin Damrah Bengkulu Selatan, 1 Orang di RSUD Mukomuko.

Sementara 1 orang ODP yang berubah status menjadi PDP telah meninggal dunia adalah warga Kota Bengkulu, berusia 55 tahun dengan gejala klinis batuk berdahak dan batuk berdarah dengan riwayat berpergian ke Palembang 2 bulan lalau. Meninggal sekira pukul 2.17 WIB dini hari di RSUD M Yunus Bengkulu.

“Yang dinyatakan meninggal bukan karyawan Bank Bengkulu tapi salah seorang karyawan Bank yang ada di Bengkulu” kata Herwan

Ditambahkan Herwan, kabar baik untuk masyarakat, sampai dengan saat ini kasus postifi Covid-19 di wilayah Bengkulu belum terjadi penambahan per 5 April 2020, pukul 17.00 WIB.  

Kasus positif Covid-19 masih diangka 2 orang dengan rincian 1 orang warga asal Provinsi Lampung (meninggal dunia) dan 1 orang warga Kota Bengkulu masih dirawat di RSUD M Yunus. 

Namun demikian Herwan Antoni tetap mengajak masyarakat untuk selalu berwaspada dan tetap berhati serta mentaati imbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja. 

“Mari taati seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, rajin mencuci tangan, gunakan masker, dan tetap di rumah saja. Mari sama-sama kita berdoa, mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu” harapnya

Berikut rincian data perkembangan Covid-19 di bengkulu per 05 April 2020, 17.00 WIB:

  • ODP: 446 orang
  • PDP: 12 Orang
  • Meninggal: 1 Orang (ODP dalam Konfirmasi PDP)
  • Positif: 2 Orang

Reporter: Anasril Azwar