Tips Manajemen Keuangan di Tengah Pandemi COVID-19

Ibnu Hamzah

Ibnu Hamzah Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UNIB, Poto:Dok

Tips Interaktif - Pandemi virus corona atau covid 19 rupanya tak hanya berdampak kepada Kesehatan semata tetapi juga berdampak kepada pemutusan hubungan kerja (PHK) dikalangan pekerja. Hal ini tentu akan membuat mereka khawatir terhadap masa depan keuangan mereka, karena sampai saat ini belum diketahui sampai kapan virus ini akan berakhir.

Tak hanya pekerja tetapi pelaku bisnis UMKM juga makin lesu, sejak virus corona masuk di Indonesia menyebabkan turunya pendapatan UMKM. berbagai macam cara pemerintah untuk memberikan stimulus akibat dampak ini. Disamping itu juga masyarakat diharapkan perlu mengatur Kembali keuangan bulanan demi bisa bertahan hingga pandemi corona usai.

Kondisi keuangan memang perlu mendapat perhatian lebih karena jika kita tidak disiplin dan pandai memanajemennya bisa jadi tidak terpenuhinya kebutuhan  kedepannya, apalagi Indonesia bahkan dunia sedang mengalami wabah pandemi covid 19 atau virus corona ini. apabila dengan kondisi yang ada ditambah kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan akan membuat keuangan keluarga semakin terpuruk.

Nah ada beberapa tips cara manajemen keuangan yang bisa masyarakat lakukan ditengah kondisi mewabahnya virus corona saat ini : 

1. Belanja sesuai kebutuhan

Penyesuaian dengan tujuan penghematan solusi yang tepat untuk saat ini. Disaat kita dianjurkan untuk social distancing/physical distancing sehingga mengurangi untuk berpergian dan menjadi sebab penghematan, memikirkan Kembali apa saja yang harus dikurangi dan yang harus pangkas. caranya membuat cacatan apa saja yang dibutuhkan atau dipangkas untuk membeli sesuatu 

2. Menghemat penggunaan listrik dan air

Disaat saat kita dianjurkan harus lebih sering dirumah pasti penggunaan listrik,air atau kebutuhan primer lainnya akan semakin besar maka dari itu perlunya penghematan lebih intens dari biasanya. Disaat seperti ini ada beberapa metode penghematan yang bisa dilakukan. Pertama dengan memulai disiplin penggunaan listrik dan air, misalnya bisa menggunakan barang barang elektronik yang hemat listrik, bisa juga mematikan lampu disiang hari atau menghemat pemakaian listrik  dengan cara mematikan listrik jika sudah selesai digunakan, dengan begitu sehingga bisa menghemat dari pemakaian biasanya.

3. Penghematan Kuota Internet

Aktifitas berkurang menyebabkan membengkaknya penggunaan kuota internet setiap bulannya. Ini disebabkan tatanan kehidupan baru, seperti sekarang pertemuan diprioritaskan melalui daring saja agar memutus mata rantai penyebaran covid 19. Solusinya adalah memberi batas kuota bulanan berapa yang dibutuhkan saja.

4. Menjaga pola hidup sehat

Mungkin Sebagian kita bertanya tanya apa hubungannya pola hidup sehat dengan pengelolaan keuangan, ternyata cara sederhana ini sangat bermanfaat untuk masyarakat tetap bisa mengatur keuangan, kita bisa bayangkan apabila jatuh sakit ini bisa menyebabkan keluarnya biaya yang lebih besar lagi karena keperluan berobat kerumah sakit, oleh karena itu ada baiknya mencegah pengeluaran uang lebih besar dengan cara menjaga pola hidup sehat di masa wabah pandemi covid 19.

5. Cari sumber pendapatan baru

Ketika sudah tidak bisa tekan lagi untuk mengatasi pengeluaran maka solusinya adalah mencari tambahan dari berbagai sumber, mungkin untuk saat ini yang paling tepat untuk mencari peluang peluang itu adalah dengan cara berbisnis dan keahlian yang kita bisa tawarkan dengan cara online, setidaknya ini juga membantu menyehatkan keuangan keluarga.

Itu beberapa tips kepada masyarakat untuk bisa mengelola atau memanajemen keuangan ditengah wabah pandemic covid 19.

Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat untuk warga Bengkulu.


Penulis: Ibnu Hamzah Harahap, Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bengkulu.