Tingkatkan Pelayanan Publik, Dinkes Seluma MoU dengan RSUD Manna

1

Foto/Dok: Mc

Interaktif News - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawalludin, S.Sos melaksanakan penandatanganan MoU Jaminan Persalinan dengan Rumah Sakit Umum Hasanuddin Damrah Manna yang diwakilkan oleh Direktur RSUD dr.Emrusmandi, Sp.B, Rabu (04/03/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawalludin, S.Sos menyampaikan bahwa program ini untuk masyarakat yang tidak mempunyai Kartu Jaminan Kesehatan.

"MoU ini untuk ibu-ibu yang sedang hamil, melahirkan, nifas hingga pelayanan neonatal bayi baru lahir sampai umur 28 hari dan Jampersal juga melayani pelayanan kebidanan dengan komplikasi sampai dengan rujukan Rumah Sakit tingkat lanjut yang sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma," ungkap Rudi.

Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Reza Ade Pitri, S.St, MH mengatakan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma sudah melaksanakan MoU di 3 Rumah Sakit yaitu Rumah Sakit M. Yunus Bengkulu, RSUD Tais, dan RSHD manna Bengkulu Selatan.

Dan untuk pemeriksaan Skrining Hipotyroid Kongenital (SHK) dinkes bekerjasama dengan RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

"Program ini merupakan langkah awal pemerintah pusat membantu masyarakat kurang mampu yang tidak mempunyai Jaminan Kesehatan, agar persalinan dilaksanakan di fasilitas kesehatan dan dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)," ungkap Reza.

Perlu diketahui bahwa Kabupaten Seluma Menjadi Lokus AKI dan AKN sekaligus Lokus Stunting tahun 2020 sehingga menjadi salah satu langkah dalam upaya penurunan AKI dan AKN di Kabupaten Seluma yang dibantu anggaran pusat melalu DAK Non Fisik Program Jampersal pada Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma. (Em/Mc)