Tes TOEFL, Pusat Bahasa UMB Solusinya

Dosen dan Tenaga Pengajar UPT Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

InteraktifNews - Universitas Muhammadiyah Bengkulu terus berupaya melakukan berbagai terobosan dan inovasi baru untuk meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing mahasiswa, alumni dan civitas akademika.Salah satunya adalah dengan didirikannya Unit Pelaksana Teknis PUSAT BAHASA sebagai wadah atau pusat pengembangan kemampuan bahasa Inggris yang lebih profesional. 

Hal ini sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan Universitas Muhammadiyah Bengkulu seperti kemampuan TOEFL, IELTS, Intensive English, General English, Academic Writing, English for Specific Purpose, dan Proofreading tesis, artikel jurnal. 

Pusat Bahasa merupakan perubahan dari nama-nama sebelumnya. Dulu unit ini bernama Labor Bahasa yang didirikan pada tahun 1990 yang berfungsi sebagai tempat praktek Bahasa Inggris bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pada tahun 2003, Labor Bahasa berubah menjadi Self Access Center (SAC), fungsinya hampir sama sebagai tempat pelatihan dan tes kemampuan bahasa Inggris bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. 

Kemudian, pada tanggal 4 Desember 2015, SAC berubah menjadi UPT PUSAT BAHASA sesuai dengan Surat Keputusan Rektor: No. 714-SK/R.01-UMB/2015 untuk mengembangkan program kemampuan bahasa Inggris yang lebih luas. Beberapa hal yang mendasari didirikannya lembaga ini; pertama, menselaraskan dengan program dan tuntutan dari Kementerian Riset dan Teknologi bahwa pentingnya para mahasiswa, dosen, civitas akademika untuk menguasai kemampuan bahasa Inggris khususnya kemampuan TOEFL yang diakui secara Nasional dan Internasional. 

Kedua, mempersiapkan para mahasiswa, civitas akademika, lulusan dapat bersaing pada Masyarakat Ekonomi Asean (Asean Community). Sehingga ke depan dapat memfasilitasi para dosen bisa mengembangkan riset di luar negeri, menjadi visited lecturer, exchange program bagi para dosen dan mahasiswa. 

Ketiga, menjadi pusat pelatihan, pengembangan kajian bahasa khususnya bahasa Inggris. Keempat, memfasilitasi dan mempermudah masyarakat internal dan eksternal kampus untuk melakukan tes kemampuan bahasa Inggris.
Diharapkan dengan adanya UPT PUSAT BAHASA ini masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki kesempatan untuk mengikuti English Language Training, dan juga dapat membantu masyarakat umum untuk mengikuti program tes kemampuan bahasa Inggris.

VISI & MISI

Menjadi sebuah Pusat Bahasa yang terkemuka dan terpercaya untuk pengembangan, pelatihan dan pelayanan bahasa baik untuk ruang lingkup lokal maupun Nasional pada tahun 2021.

Meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya bagi mahasiswa, dosen dan karyawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Memberikan pelayanan belajar dan mengajar bahasa khususnya bahasa Inggris bagi masyarakat umum sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi civitas akademika di Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Sebagai pusat pengembangan kemampuan, kajian bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Memberikan informasi, layanan tes, workshop, pelatihan bahasa Inggris.

KERJA SAMA PUSAT BAHASA UMB

Penyelenggara tes TOEFL ITP, kerjasama dengan International Indonesian Education Foundation (IIEF), Jakarta. Lembaga perwakilan resmi di Indonesia sebagai pengeluar sertifikat TOEFL ITP dari ETS, Amerika
Pelatihan TOEFL ITP dan Speaking, kerjasama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMB.

PROGRAM PUSAT BAHASA UMB

1. Workshop On Toefl Mahasiswa UMB

Program Wokshop on TOEFL adalah program wajib sesuai dengan SK Rektor No.714-SK/R.01-UMB/2015;
Seluruh mahasiswa mulai dari semester dari 5 untuk mengikuti program workshop on TOEFL selama beberapa hari di Pusat Bahasa UMB, mengikuti tes TOEFL yang sertifikatnya sebagai syarat ujian proposal skripsi
Seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian skripsi untuk menyerahkan abstrak skripsi untuk di-proofreading oleh Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai salah satu syarat pendaftaran wisuda.

2. TOEFL & IELTS Preparation

Program kursus TOEFL & IELTS untuk mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan TOEFL dan IELTS siswa, mahasiswa, guru, dosen, maupun masyarakat umum yang bisa diikuti melalui program kursus regular maupun privat.

3. TOEIC Preparation

Program kursus ini adalah untuk meningkatkan kemampuan TOEIC atau bahasa Inggris standar di dunia kerja.

4. Conversation Class

Program kursus untuk melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris untuk semuan tingkatan dengan teknik penguasaan berbicara bahasa Inggris yang cepat dan sangat menyenangkan.

5. English For Specific Purpose

Program pelatihan atau kursus yang diberikan untuk menguasai bahasa Inggris sesuai dengan disiplin keilmuan, misalnya pelatihan bahasa Inggris untuk Dosen, Perbankan, Karyawan Perkantoran, Perusahan, Kepolisian, Pengacara, Jurnalis dan sebagainya.

6. Grammar Class

Program kursus grammar adalah untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa dalam bahasa Inggris sehingga peserta memiliki kemampuan grammar yang baik dan mampu menggunakannya dalam berbicara bahasa Inggris maupun penulisan.

7. English For Children

Program kursus bahasa Inggris untuk anak-anak mulai belajar bahasa Inggris dari tingkatan basic to advanced dengan teknik pengajaran yang menarik dan menyenangkan.

8. General English

Pogram pelatihan atau kursus menguasai bahasa Inggris dari dasar sampai dengan level advanced (mahir) untuk semua kalangan; siswa, mahasiswa, guru-guru, dosen, karyawan kantor dan masyarakat umum.

9. Private Class

Program bahasa Inggris untuk semua kalangan seperti TOEFL, General English, Conversation, English for Specific Purpose, English for Children dengan waktu yang lebih singkat, bukan program regular.

 

Nah,Jika anda berada dalam area  Provinsi Bengkulu  maupun dari luar daerah yang membutuhkan persyaratan ataupun tuntutan dalam dunia kerja dan Pendidikan yang saat ini tentu saja perlu keterampilan ber-Bahasa.

UPT Pusat Bahasa/Language centre Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah pilihan tepat untuk memfasilitasi, sekaligus memverifikasi siapapun yang ingin memiliki kemampuan berbahasa dengan baik serta dapat memiliki sertifikat TOEFL dengan TOEFL ITP (Institutional Testing Program).

Semua kelas yang dibuka di UPT Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Bengkulu diajar oleh tenaga kompeten di bidang pengajaran bahasa Inggris. Tenaga pengajar berasal dari dosen pengajar di program studi pendidikan bahasa inggris UMB. Mereka memiliki kualitas dan kapasitas pengajaran bahasa inggris yang mumpuni dan ditunjukkan dengan gelar S2 dan S3 dalam bidang pengajaran bahasa inggris baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Sumber : http://www.uptpusatbahasaumb.com/