Terus Lakukan Terobosan, MeMiles Rilis Aplikasi Game Tradisional Nusantara

Pemerintah Provinsi Bengkulu

Perkumpulan Pengusaha UMINDO usai mensosialisasikan aplikasi meGames kepada Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar. Kamis, 10 Juni 2021. Foto/Dok

Interaktif News - Terobosan demi terobosan terus dilakukan PT Aku Cinta MeMiles (PT ACM), ternyata sejak 6 April 2021 lalu, ACM telah merilis aplikasi meGames, sebuah aplikasi yang berisikan game-game tradisional Indonesia.

Saat ini, ACM melalui Perkumpulan Pengusaha UMINDO tengah konsen mensosialisasikan games tradisional nusantara berbasis digital tersebut.

"Games tradisional nusantara ini bisa didownload lewat play store dengan nama meGames," kata Alisya Fianne J  Sanger, Kamis, 10 Juni 2021.

MeGames, lanjut Alisya, dilatarbelakangi rasa keprihatinan terhadap pasar games dalam negeri yang dibanjiri produk impor. Padahal potensi games tradisional nusantara sangat beragam dari Sabang sampai Merauke.

"Untuk itu kami menginisiasi produk games tradisional nusantara ini agar masyarakat luas bisa peduli, merawat, dan menggemari sehingga tidak punah," tuturnya.

Tak hanya itu, games tradisional nusantara juga diharapkan menjadi sarana menyatukan dan mengokohkan persatuan bangsa yang sangat beragam dan plural karena ikatan emosional masyarakat sesuai daerahnya masing-masing.

"Aplikasi meGames ini menyuguhkan permainan tradisional nusantara di 34 provinsi di Indonesia yang dikembangkan oleh PT Aku Cinta Memiles," ujar Alisya.

Kehadiran meGames disambut baik Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar. Menurutnya ini adalah salah satu upaya merawat dan memelihara permainan tradisional Indonesia yang seharusnya menjadi aset bangsa.

Billy yang antusias terhadap aplikasi inipun mengapresiasi langkah Komunitas UMINDO yang menggerakkan dan mengembangkan permainan-permainan tradisional. Karena baginya, permainan tradisional merupakan bagian dari culture atau budaya Indonesia dan local wisdom serta meningkatkan kreativitas secara alami.

"Jadi saya mendukung penuh giat dan gerakan anak-anak muda Indonesia yang kembali menghidupkan permainan dan olahraga tradisional sebagai bagian sehari-hari dalam kehidupan kita," pungkasnya saat menyambut hangat kedatangan Perkumpulan Pengusaha UMINDO yang mensosialisasikan meGames.

Untuk diketahui, di dalam meGames yang telah didownload lebih dari 1.000 orang ini juga terdapat empat permainan tradisional dari Provinsi Bengkulu, seperti Pencak Silat Bengkulu, Meriam Bambu, Ingkau, dan Eket Pun Pisang. (Rls)

Editor: Alfridho AP