Senyum dari Bocah Asal Seluma untuk Karang Taruna Provinsi Bengkulu

Karang Taruna

Pengurus Karang Taruna Provinsi Bengkulu saat menyambangi bocah asal Seluma yang mengalami gangguan berjalan, Selasa, 28 juli 2020, Poto:Dok

Interaktif News - Kakak begitu dia disapa akrab oleh teman-teman dan keluarganya, seorang bocah perempuan asal Kabupaten Seluma yang selalu menampilkan wajah riang walaupun memiliki keterbatasan fisik karena tidak mampu berjalan normal layaknya anak-anak seumuran. 

Sang Bocah dilahirkan prematur karena usia kandungan Sang Ibu baru berusia 7 bulan saat Ia pertama kali menatap dunia. Saat ini usianya sudah menginjak 9 tahun dan duduk di bangku kelas 3 SD, untuk membantu aktifitasnya orang tua Sang Bocah memakaikan sepatu yang di-desain khusus sehingga Ia mampu berjalan normal.

Kondisi inilah yang kemudian menggerakan Karang Taruna Provinsi Bengkulu untuk turut meringankan beban Sang Bocah. Berbekal bantuan dari Gubernur Rohidin Mersyah, rombongan Karang Taruna dipimpin langsung Andi Meizopan, Selasa (28/7/2020) menyambangi rumah orang tua dari Sang Bocah yang terletak di Kecamatan Seluma Selatan.

Kedatangan rombongan Karang Taruna disambut hangat keluarga, spontan pula membuat Sang Bocah yang siang itu menggunakan baju merah dengan gaya rambut diikat ke belakang nampak sedih. Namun, raut muka itu berlahan ceria saat satu persatu rombongan pembawa misi sosial ini menyapanya dengan nada bersahabat 

“Apa kabar adek, wah cantik sekali, sini ada oleh-oleh dari om” ujar Andi Meizopan, mengawali obrolannya dengan Sang Bocah.

Andi kemudian melanjutkan obrolan dengan Sang Ibu sembari bertanya aktifitas sehari-hari Sang Bocah.

"Dulu itu anak kami ini lahirnya prematur, berat badannya juga kurang saat lahir. Saat itu waktu kami ke Jakarta dokter bilang ada kekakuan di kaki karena ada ganguan” cerita Sang Ibu. 

“Kalau berjalan itu bisa tapi sering jatuh, kalau pakai sepatu ini jalannya baik tapi sepatu ini harus dipesan khusus” lanjut Sang Ibu “Kalau sekolah pakai sepatu ini juga ya bu” tanya Andi “ya tapi itu tidak bisa lari-lari” tambah Sang Ibu.

Andi kemudian menyerahkan bantuan berupa tongkat roda tiga untuk alat bantu berjalan Sang bocah dan paket sembako untuk orang tua kedua orang tuanya.

“Ini bu ada sedikit bantuan dari pak Gubernur, kami hanya menyaurkan semoga ibu dan keluarga khusunya adek saya ini bisa terbantu. Mohon diterima dengan ikhlas” kata Andi. 

Ibu Sang Bocah pun langsung menyahuti dengan mengucapkan terimakasih pada rombongan Karang Taruna “Terimakasih atas bantaun untuk anak saya, saya juga mendokan muda-mudahan bapak-ibu, adek-adek sehat terus” kata Ibu Sang Bocah  

Andi Meizopan pun mengungkapkan rasa syukur karena diberikan kesempatan menyalurkan bantuan untuk Sang Bocah. Mudah-mudahan lanjut Andi, bantuan yang diberikan bisa bermanfaat, terlebih bisa tambah semangat untuk belajar disekolah dan bermain di rumah. 

“Alhamdulilah kita masih diberi kesempatan untuk saling membantu dan menguatkan, muda-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi yang dibantu dan dibalas amal soleh bagi yang memberikan bantuan” ujarnya

Andi juga menyebutkan, dirinya bersama  pengurus Karang Taruna  terus berkomitmen penuh untuk melanjutkan progam aksi sosial.

“Kami dari Karang Taruna menerima dengan senang hati apabila ada warga yang membutuhkan bantuan. Kami mungkin tidak bisa menghandle secara keseluruhan tapi akan kami bantu komunikasikan dengan pihak-pihak terkait termasuk para dermawan. Mudah-mudahan ada jalan selagi kita memiliki misi yang sama untuk untuk saling membantu” beber Andi

Ia juga memastikan, Karang Taruna sangat terbuka dengan permasalahan-permasalahan sosial di tengah masyarakat. Ia berharap dengan kehadiran Karang Taruna dapat membantu pemerintah untuk bersama-sama membangun Provinsi Bengkulu terutama dari sektor sosial kemasyarakat.

Reporter: Irfan Arief
Editor: Alfridho Ade Permana