SD 62 Kembali Begejolak, Wali Murid Demo

SD 62 Kota Bengkulu

Demo Wali Murid SD 62 Kota Bengkulu, Poto/Dok

Interaktif News – Polemik Sekolah Dasar Negeri (SDN) 62 Kota Bengkulu kembali bergejolak, pasalnya ratusan wali murid tadi pagi menggelar aksi di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Kamis, (22/08/2019)

Wali murid yang kompak berseragam merah itu mendatangi Dikbud Kota Bengkulu untuk meminta solusi segera atas masalah yang sedang dihadapi anak-anak mereka. Mereka meminta agar anak-anak mereka bisa kembali bersekolah di Gedung SDN 62.

Menurut Wali murid, pemindahan sementara siswa SD 62 bukanlah solusi melainkan menambah masalah baru bagi anak-anak mereka. Akses transportasi menuju sekolah sementara sangat jauh sehingga ada diantara anak-anak mereka yang terjatuh dari mobil angkutan dan ada juga yang nyasar saat berangkat sekolah. 

Massa awalnya berkumpul di depan SD Negeri 62 Kota Bengkulu langsung menuju kantor Diknas Kota Bengkulu sembari membentangkan Spanduk dan Panflet yang diikuti orasi. Usai menggelar aksi di depan Kantor Dikbud Kota Bengkulu, ratusan wali murid ini melanjutkan aksi ke Kantor Gubernur Bengkulu.

“Kembalikan Gedung Sekolah Kami” salah satu isi panflet yang dibawah wali murid.  

Wali murid juga mengancam akan mendirikan tenda dihadapan Gedung SD 62 apabila tetap dipaksakan bersekolah sementara di SD 51 dan SD 59 sampai pembangunan gedung baru selesai.

Menanggapi demo, Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu menilai hal ini perlu segera diatasi, pihaknya menilai masalah tersebut sangatlah serius.

"Mulai dari permasalahan lahan kita sudah menempuh jalur hukum namun ahli waris menang, kita mau membayar secara angsur dengan APBD sebesar 1 Miliar namun pihak ahli waris tidak mau dan meminta dibayar lunas" Jelas Nopri Walihan sekretaris Dikbud Kota Bengkulu kepada Bengkuluinteraktif.com 

Selain itu, pihak Dikbud Kota Bengkulu juga memberi solusi untuk membantu proses bagi orang tua yang ingin anaknya pindah sekolah secara permanen. 

"Bagi orangtua yang ingin anaknya pindah ke sekolah terdekat atau yang diinginkan, maka Dikbud akan memproses dengan cepat karena hal itu sudah menjadi kewajiban Dikbud"  terangnya

Nopri Walihan mempersilahkan bagi orang tua murid yang ingin memilih sekolah yang ada dilingkup Kota Bengkulu,” jika ingin bersekolah dan pindah sekolah di luar kota maka akan dibantu prosesnya” katanya.

Reporter: Anasril Azwar
Editor: Riki Susanto