Rosiana Ungkap Masa Lalu Rocky Gerung dengan Jubir Istana

Fadjroel Rachman

Fadjroel Rachman, Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Poto:Dok/IG @fadjroelrachman

Interaktif News – Peneliti Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2B) Rocky Gerung yang kerap menyerang istana sehingga seringkali harus silang pendapat dengan Jubir Istana salah satunnya Fadjroel Rachman. Ternyata keduanya memiliki cerita masa lalu saat bersama-sama melawan rezim orde baru.  

Cerita itu terungkap dalam acara talk show yang dipandu Rosiana Silahlahi yang tayang di Kompas TV, Jumat malam, (12/06/2020). 

Dalam acara yang bertajuk “Jokowi dan Masa Depan Demokrasi” itu, Rosiana selaku pemandu acara mengawali ceritanya tentang perjuangan para aktfis-aktifs mahsiswa pro demokrasi di era presiden Soeharto. 

Salah seorang disebut Rosi adalah Fadjroel Rachman yang duduk di sebelah kirinya sebagai narasumber. Saat itu kata Rosi, Fadjorel berjuang melawan rezim orba melalui kampusnya di ITB.

“Malam hari ini, Saya sangat senang sekali mempertemukan dua aktifis yang sama-sama pernah melawan orde baru, mereka berdua sama-sama tergabung dalam kelompok pro demokrasi” kata Rosi

Rosi kemudian menyapa Rocky Gerung yang juga Ia sebut sebagai aktfis pro demokrasi karena banyak membela mahasiswa di era orde baru. Rocky Gerung kata Rosi adalah orang yang paling banyak menulis pledoi (pembelaan) untuk mahasiswa-mahasiswa yang menjadi tahanan politik. 

“Seseorang yang ikut menulis pledoi atau pembelaan terhadap banyak mahasiswa yang ditahan di era soeharto. Ia adalah Rocky Gerung” kata Rosi mengenalkan Rocky. 

Fadjroel pun langsung menyahuti, “Salah satunya pledoi saya” ujar Fadjroel. 

Dilanjutkan Rosi, rezim orde baru sempat menahan Fadjroel Rachman sebagai tahanan politik hingga harus dipenjara di Nusa Kambangan dan Rocky Gerung menulis pembelaan untuk Fadjroel Rachman.

“Malam hari ini kita dengar dari seorang tahan politik mahasiswa ITB, Fadjroel Rahman ketika waktu itu zaman presiden Soeharto, Mendagri masuk kampus anda (Fadjroel) ditahan dan pledoi itu salah satunya ditulis Rocky Gerung” ujar Rosi

Tak hanya itu, cerita keduanya berlanjut saat Rosi membongkar masa lalu Fadjroel Rachman yang sempat mendeklarasikan diri sebagai capres independen. 

“Kalau dulu anda ingat seorang Fadjroel Rachman Capres Independen, yang sebelah kiri saya (Rocky Gerung adalah yang meng-indoors” tambah Rosi.

Reporter: Riki Susanto