Polda Bengkulu Siagakan Personil Sekat Alur Perbatasan

Larangan Mudik

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono usai acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung K-9 Polda Bengkulu, Jumat, 30 April 2021, Foto: Dok

Interaktif News – Kepolisian Daerah Bengkulu mendukung penuh kebijakan pemerintah khususnya kebijakan Pemprov Bengkulu yang tertuang dalam SE Gubernur Bengkulu Nomor: 003.2/594/BPBD/2021 tentang Pelaksanaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M dan upaya pengendalian Penyebaran Covid – 19 di Provinsi Bengkulu tanggal 30 April 2021.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono melalui Kabid Humas Kombes Pol Sudarno mengatakan, pihaknya telah menyiagakan personil di seluruh perbatasan yang menghubungkan provinsi Bengkulu dengan provinsi tetangga. Personil  nantinya akan melakukan penyekatan terhadap kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang keluar dan akan masuk ke Provinsi Bengkulu. 

”Saat ini kita telah menyiagakan personil diseluruh perbatasan guna menyekat masyarakat yang akan keluar dan masuk ke Provinsi Bengkulu” Jelas Kombes Pol Sudarno usai acara peletakan batu pertama pembangunan gedung K-9 Polda Bengkulu, Jumat, (30/04/21 ).

Selanjutnya kata Kabid Humas, pihaknya juga akan melakukan patroli di seluruh titik yang ada di Provinsi Bengkulu untuk memastikan masyarakat tidak ada yang berkerumun dan abai dengan protokol kesehatan.”Jika ada kerumunan ditambah tidak mematuhi protokol kesehatan akan langsung kami bubarkan ” kata dia.  

KRYD, 300 Personil Dikerahkan 

Berdasarkan surat perintah dari Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono sebanyak 300 personil Polda Bengkulu dari setiap satuan kerja untuk melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka antisipasi mudik menjelang dan sesudah perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. 

Surat peritntah dimulai dari tanggal 26 April hinggal 5 Mei mendatang dan dari tanggal 18 Mei sampai dengan 24 Mei 2021. Pada kegiatn KRYD ini, personil yang sudah dibagi dalam beberapa satgas diberi tugas untuk mewujudkan kamtibmas agar terkendali dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Kendati masyarakat diizinkan untuk melakukan kegiatan mudik antar kabupaten dalam provinsi Bengkulu, Kabid Humas Polda Bengkulu tetap menyarankan masyarakatuntuk tidak  berpergian pada mudik tahun ini. 

Hal ini semata-mata guna mengurangi resiko penyebaran Covid-19 hingga ke kampung halaman mengingat peningkatan kasus positif beberapa hari terakhir. “Kegiatan ini lebih mengutamakan pencegahan pemudik sesuai dengan larangan dari pemerintah” ungkap Kombes Pol Sudarno. [***]

Editor: Alfridho Ade Permana