Pleno KPU Provinsi Bengkulu: PAN Kehilangan 3 Kursi, PKS Bertahan dengan Wajah Lama

'

Rapat Pleno KPU Provinsi Bengkulu pada Jumat 10 Mei 2019

InteraktifNews – Hasil rapat pleno KPU Provinsi Bengkulu yang digelar 10 Mei 2019 meninggalkan catatan yang tidak baik bagai Partai Amanat Nasional (PAN). Partai yang digawangi  Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan itu hanya mampu mendudukan 2 orang wakilnya Dempo Xler  dari Dapil Kota Bengkulu dan dan Bily D Sunardi dari Dapil Seluma.

Sebelumnya, pada pemilu 2014 lalu partai berlambang matahri itu berhasil mendudukan 5 orang wakilnya, Dapil Kota Bengkulu (Hari Suharsyah), Dapil Bengkulu Selatan Kaur (Parial), Dapil Mukomuko (Rosna), dapil Bengkulu Utara Bengkulu Tengah (Yurman Hamedi), dan dapil Rejang Lebong-Lebong (Armansyah). 

Merosotnya perolehan kursi PAN di DPRD provinsi Bengkulu akan berdampak pada komposisi susunan unsur pimpinan komisi dan fraksi di DPRD. PAN harus bergabung dengan partai lain untuk melengkapi ketentuan satu fraksi di DPRD Provinsi Bengkulu, begitu juga dengan unsur pimpinan komisi, kemungkinan PAN tidak dapat porsi. 

Berbeda dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) walaupun sama –sama mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga di pilpres lalu, kursi perolehan PKS bertahan seperti pemilu 2014. Partai berbasis kaum intlektual itu masih bertahan dengan 3 kursi untuk DPRD Provinsi Bengkulu. Namun, wakil PKS masih bertahan dengan wajah lama. 

Pemilu 2014 dan 2019, PKS berhasil mengamankan 3 kursi dari tiga dapil yang sama dengan 3 wajah yang sama. Pemilu 2014, wakil PKS di DPRD Provinsi Bengkulu diperoleh dari dapil Kota Bengkulu (Sefty Yuslina), Dapil Rejang Lebong-Lebong (Herizal Apriansyah), dan Dapil Bengkulu Utara-Bengkulu Tengah (Sujono) demikian pula dengan pemilu 2019.

Berdasarkan hasil rapat pleno KPU PKS memperoleh 3 kursi dari Dapil Kota Bengkulu (Sefty Yuslina), Dapil Bengkulu Utara-Bengkulu Tengah (Sujono), dan Dapil Rejang Lebong-Lebong (Herizal Apriansyah)

Reporter: Anasril Azwar
Editor: Riki Susanto

'