Peringati Hari Jadi, MarkPlus,Inc. Lakukan Kerjasama dengan Tiga Kampus Ternama

MarkPlus31 Anniversary

Founder & Chairman of MarkPlus,Inc Hermawan Kartajaya bersama Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D dalam acara Webinar MarkPlus Institute Goes to Campus Special Edition MarkPlus31 Anniversary. Sabtu, 1 Mei 2021. Foto/Dok

Interaktif News, Jakarta – Pendidikan merupakan pondasi bagi mahasiswa agar dapat tampil sebagai penerus bangsa yang berkualitas dan memiliki kompetensi tinggi dalam bidangnya. Pendidikan Tinggi di Indonesia hadir sebagai penyedia fasilitas untuk mahasiswanya yang sudah dibekali ilmu agar nantinya siap bersaing dan menghadapi dunia kerja di era pasar global.

Melihat hal tersebut, MarkPlus Institute Goes to Campus kembali hadir dengan membawa tema “ENTREPRENEURIAL MARKETING: Beyond Professional Service” yang digelar tepat bersamaan dengan hari jadi MarkPlus, Inc. yang ke-31 sebagai sebuah perusahaan marketing konsultan yang terus mendukung program dalam memajukan pendidikan di Indonesia serta turut berkontribusi dengan melakukan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 

Hermawan Kartajaya selaku Founder & Chairman of MarkPlus, Inc. menilai bahwa pandemi COVID-19 telah memberikan dampak begitu besar kepada segala sektor industri di Indonesia. Tahun 2020 menjadikan kita harus mampu melakukan adaptasi dengan segala perubahan yang terjadi akibat wabah COVID-19. Pelaku bisnis dari segala sektor industri di Indonesia pun dituntut untuk memiliki pemikiran transformatif di tahun 2021 hingga 2022.

“Dalam hal ini, MarkPlus, Inc., senantiasa menggelar berbagai acara seperti webinar, focus group discussion (FGD), press conference, kolaborasi dengan berbagai pihak, serta pemberian penghargaan juga dilakukan agar bisa dijadikan inspirasi serta motivasi untuk Indonesia maju dan dapat melahirkan bibit unggul yang siap mengahadapi masa depan dan mendukung dalam pencapaian Sustainable Development Goals di Indonesia,” ujar Hermawan, Sabtu (1/05/2021).

Hadir sebagai pembicara dalam MGTC Special Edition kali ini, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. sangat mendukung adanya kerjasama perguruan tinggi dengan industri di Indonesia. Ia menilai bahwa kerjasama ini dapat mengembangkan vokasi yang tidak hanya hard skill namun juga mengembangkan unsur analytical dan akademik yang dapat diterukan dalam dunia kerja.

“Kolaborasi dengan melahirkan prodi khusus di perguruan tinggi merupakan link and match pada level tertinggi dan tentu hal ini sangat bagus sekali. Dengan adanya kerjasama antara perguruan tinggi dan industri dapat dijadikan sebagai pembuka jalan dalam skema tranformasi pendidikan tinggi vokasi dalam mencapai keberhasilannya, yaitu lahirnya lulusan yang berkompeten,” tutur Wikan.

MGTC Special Edition “ENTREPRENEURIAL MARKETING: Beyond Professional Service” turut menghadirkan Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Ia menyadari bahwa Indonesia memiliki kelebihan dalam DNA yaitu DNA kreativitas yang dapat dilihat dari budaya dan kesenian yang berbeda dari Sabang hingga Merauke. 

Ia sangat berharap dengan adanya kolaborasi ini dapat dijadikan motivasi untuk Indonesia yang lebih baik.

Selain itu, Nizam mengungkapkan mandat dari perguruan tinggi  itu ada dua hal. Pertama, menyiapkan SDM yang unggul, kreatif, dan inovatif serta kompenten melalui riset dan pengembangan. Kedua, mengembangkan keilmuan dan teknoogi dalam pendidikan di Indonesia. Untuk Indonesia, ada penambahan, yaitu darma dalam pengabdian kepada masyarkat.

Dalam kesempatan kali ini, untuk mendukung perguruan tinggi menuju Kampus Merdeka, MarkPlus,Inc. bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, diantaranya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam program Creative Marketing Academy, Universitas Surabaya (UBAYA) dalam program School of Entrepreneurial Marketing, dan Universitas Padjajaran (Unpad) dalam program Sarjana Terapan Pemasaran Digital.

Kerja sama ini dikukuhkan dengan penandantanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara MarkPlus, Inc. dan ketiga universitas pada Sabtu, 1 Mei 2021. Hermawan Kartajaya selaku Founder dan Chairman MarkPlus, Inc. mengatakan, MarkPlus, Inc. memiliki kemampuan yang dapat menggabungkan ilmu marketing dan entrepreneurship yang dapat dibagikan oleh dunia pendidikan. 

Penutupan MarkPlus Institute Goes to Campus kali ini berbeda dari gelaran sebelumnya. Pada kesempatan ini, Founder & Chairman MarkPlus, Inc., Hermawan Kartajaya diangkat menjadi anggota penasehat rektor Universitas Airlangga (UNAIR). Pengukuhan DR (HC) Hermawan Kartajaya langsung dilakukan oleh Prof. Dr. Moh. Nasih, SE., MT., Ak., selaku Rektor UNAIR, dalam acara MarkPlus Institute Goes to Campus Special Edition MarkPlus31 Anniversary pada Sabtu (01/05/2021).

“Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi UNAIR, sebagaimana kita tahu Hermawan telah menujukan keberhasilan yang sangat bagus melalui kreatifitas dan inovasi yang ia lakukan. Saya melihat bahwa MarkPlus, Inc. akan dapat terus berkembang dan tidak akan menemukan siklus declining” pungkas Nasih.

Siaran Pers: MarkPlus, Inc.
Editor: Alfridho AP