Peringati Hari Air Dunia 2020, SDA Goes To School

SDA

Jajaran Ditjen SDA bersama para peserta Pemilihan Duta Hari Air 2020, Poto:Dok/SDA

Interaktif News, Jakarta - Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan kegiatan SDA Goes To School sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan Peringatan Hari Air Dunia ke-28 yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2020. Tahun ini peringatan Hari Air Sedunia melibatkan keikutsertaan para pelajar SMA/SMK/sederajat di Jabodetabek.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan SDA Goes To School ini tidak lagi dilaksanakan di lingkungan kantor PUPR, untuk tahun ini Ditjen SDA menjemput bola ke 3 sekolah di wilayah Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan. Masih dalam bentuk berkolaborasi dengan anak muda generasi milenial atau generasi Z, dengan agenda Pemilihan Duta Hari Air

Mengajak para anak muda generasi milenial atau generasi Z untuk dapat mengkampanyekan cara mengelola sumber daya air dan memberikan kontribusi serta menjadi positive influencer kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian sumber air agar di masa depan kita bisa menciptakan mata air, bukan air mata.

Tahun 2020 ini tema yang diusung oleh Hari Air Dunia adalah “Water and Climate Change” yang diaplikasikan ke dalam tema nasional yaitu Air dan Perubahan Iklim. Tentunya tema HAD mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan iklim dimana air memiliki peran penting dalam mitigasi bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen SDA, Citra Fara Agnestasia dalam sambutannya mewakili Plt. Sekretaris Ditjen SDA menuturkan bahwa  pengelolaan sumber daya air harus dilakukan secara bersama-sama baik itu oleh Pemerintah, masyarakat, akademisi maupun stakeholder terkait lainnya.

“Salah satu upaya pengelolaan sumber daya air yang dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementerian PUPR cq Ditjen SDA adalah pembangungan infrastruktur sumber daya air seperti bendungan beserta waduknya, bendung, embung dan prasarana irigasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatra VII Bengkulu, Ir Abustian, ME mengatakan, hari air dunia merupakan momentum penting dalam rangka membangun infrastruktur perairan sebagai sumber kehidupan. Abustian menyebut, hari air dunia selalu diperingati setiap tahun sebagai bentuk bakti seluruh aparatur SDA

“Kita mengikuti saja program dari pusat, kami segenap jajaran tentu bersiap-siap menyambut hari air dunia maret nanti, selamat hari air dunia 2020” kata Abustian (***)

Editor: Riki Susanto